Kesehatan mantan Menkes menurun

Rabu, 02 Mei 2012 - 09:27 WIB
Kesehatan mantan Menkes menurun
Kesehatan mantan Menkes menurun
A A A
Sindonews.com – Kondisi terakhir kesehatan mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih terus menurun. Tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terus melakukan penanganan intensif.

Direktur Utama RSCM Akmal Taher mengatakan,kondisi kesehatan Ibu Endang secara perlahan mulai menurun sejak Senin (30/4) sore. Penurunan tersebut terlihat jelas pada Selasa (1/5) pagi. Namun, dia tidak mengetahui persis penurunan kondisi kesehatan terjadi pada pukul berapa.Kesadaran Ibu Endang juga terus mengalami penurunan.“Kondisi terakhir Ibu Endang sangat menurun dan sedang dalam penanganan intensif,” ungkap Akmal saat memberi keterangan di RSCM kemarin.

Dia menjelaskan, Ibu Endang dirawat di ruang ICU dengan perawatan medis standar intensif.Namun, Akmal tidak mau memberikan penjelasan detil mengenai penyakit kanker paru yang dialami Ibu Endang dengan alasan pihaknya tidak boleh memberikan keterangan mengenai penyakit yang diderita pasien. “Perawatannya kita kasih tempat di ruang ICU dan perawatan medis standar intensif itu dilakukan,” ungkapnya.

Hingga kini, lanjut Akmal, belum ada rencana mantan menkes tersebut akan dipindahkan ke rumah sakit lain. Pihaknya berjanji akan terus memberikan penanganan dan pelayanan yang terbaik bagi Ibu Endang. Sejak pagi kemarin seluruh tim dokter bahkan sudah berkumpul dan terus melakukan penanganan medis secara intensif.“Sementara ini belum ada rencana untuk dipindahkan ke rumah sakit lain. Ibu Endang masih tetap akan dirawat di RSCM,”katanya.

Sebelum pihak RSCM memberikan keterangan resmi, di tempat yang sama terlihat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang tengah menjenguk kondisi Ibu Endang.Menurut Dahlan, dirinya menjenguk Ibu Endang sebagai bentuk simpati terhadap kondisi mantan menkes tersebut.Apalagi sebelumnya dia juga pernah menderita penyakit kanker.

Dahlan selama ini menderita kanker liver, sedangkan Ibu Endang menderita kanker paru. “Saya menjenguk beliau sebagai orang yang pernah menderita penyakit yang sama,” kata Dahlan. Dahlan menjelaskan, Ibu Endang sudah berusaha keras melawan penyakitnya, khususnya penyakit kanker paru yang tengah dideritanya.

Sebenarnya kanker yang terdapat di paru-paru Ibu Endang sudah tidak ada lagi, tapi kanker tersebut sudah telanjur menyebar ke sejumlah organ tubuhnya. “Beliau sudah berusaha luar biasa kerasnya melawan penyakit yang diderita. Saat ini yang terpenting kita doakan bersama- sama,”ucapnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3611 seconds (0.1#10.140)