May Day, Polri turunkan satuan satwa

Jum'at, 27 April 2012 - 15:07 WIB
May Day, Polri turunkan satuan satwa
May Day, Polri turunkan satuan satwa
A A A
Sindonews.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab akan menerjunkan kesatuan satwa saat mengamankan aksi buruh sedunia yang akan digelar di Jakarta, pada 1 Mei 2012. Satuan satwa itu akan ikut mengamankan demonstran di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD).

"Kalau tadi saya mengecek kemampuan kesatuan satwa kita, apakah siap untuk patroli atau tidak. Dan terkait aksi satu Mei nanti, bila memang diperlukan menggunakan kuda untuk patroli dan menghalau massa maka akan kita gunakan," ujar Untung usai mengelilingi kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (27/4/2012).

Saat ini, kepolisian memiliki 21 kuda yang siap beroperasi. Sedangkan jumlah anjing jenis Beagle belum diketahui detailnya. Karenanya, Kapolda mengimbau agar tidak merusak fasilitas umum dan mengganggu masyarakat umum saat melakukan aksi demo, karena dapat merusak opini internasional.

Untung menambahkan, sebenarnya kepolisian punya satuan satwa seperti kuda dan anjing jenis Beagle sesuai dengan fungsinya. "Kuda itu bisa untuk patroli dan mengayom massa. Kemudian anjing difungsikan sesuai dengan keahliannya, seperti anjing yang dilatih untuk melacak narkoba, maka dia ahli melacak narkoba," tambahnya.

Dari pantauan di lapangan jumlah kuda ada sekitar 10 dan Kapolda yang ditemani perwira Polda mulai berkeliling sejak pukul 09.00 WIB. Perjalanan dimulai dari Mapolda menuju kawasan SCBD dan kembali ke Mapolda. Sedangkan anjing Beagle tidak mengikuti iring-iringan tersebut. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3280 seconds (0.1#10.140)