Kritikan Foke dibalas sindiran halus Ahok

Rabu, 25 April 2012 - 12:34 WIB
Kritikan Foke dibalas...
Kritikan Foke dibalas sindiran halus Ahok
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Marthin Bimbuain mengkritisi janji Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Jokowi Dodo untuk menggratiskan biaya kesehatan warga.

Namun, kritikan ini ditanggapi dengan santai oleh Basuki Tjahaja Purnama selaku pasangan dari Jokowi Dodo. Dia menjelaskan, program kesehatan gratis yang dijanjikan pihaknya itu jelas sangat berbeda dengan apa yang sudah diterapkan oleh Fauzi Bowo selama ini.

‎â€<"Iya, bedanya program kita itu warga dikasih kartu kesehatan seperti di Solo. Jadi kalau sakit, tidak perlu minta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) lagi. Cukup tunjukkan kartunya," ujar Basuki kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Rabu (25/4/2012).

Pada kesempatan itu, pria yang biasa disapa Ahok ini mengklaim program kesehatan gratisnya itu tak berbelit seperti apa yang diterapkan Fauzi Bowo.

"Iya, dan rencana kami seluruh warga kedepannya harus punya jaminan asuransi dasar seperti amanat UU No 40 Tahun 2004, dengan PT Askes sebagai BPJS-nya. Yang tidak mampu kami bantu preminya dari CSR perusahaan atau dari APBD," ucapnya.

Labih lanjut disampaikan olehnya, jika program kesehatan gratis itu diterapkan, Jakarta akan menjadi barometer Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang baru akan dilakukan secara nasional pada Januari 2014.

‎â€<"Jadi jelas beda Jamkesda dengan sistem asuransi PT Askes sesuai Undang-undang SJSN. PT Askes sebagai BPJS-nya. Jadi ada proses transisi kalau sudah sistem kartu sehat seperti yang di Solo," jelasnya.

Dia menambahkan, prosedur pembuatan kartu Jakarta sehat itu pun cukup mudah.

"â€
Sebelumnya, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrat Marthin Bimbuain dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengkritik pedas janji Jokowi Dodo yang akan menggratiskan biaya kesehatan warga Jakarta.

Seperti diketahui, Fauzi Bowo atau yang biasa disapa Foke ini kembali mencalonkan sebagai calon gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0533 seconds (0.1#10.140)