Bocorkan soal UN, izin Bimbel bisa dicabut

Senin, 16 April 2012 - 13:56 WIB
Bocorkan soal UN, izin Bimbel bisa dicabut
Bocorkan soal UN, izin Bimbel bisa dicabut
A A A
Sindonews.com - Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di sejumlah sekolah. Sebelum ujian berlangsung, setiap pengawas merazia alat komunikasi milik siswa dan meminta siswa untuk mengumpulkan tas di depan kelas.

Saat memantau ke SMAN I Jalan Nusantara Depok, Wakil Wali Kota Depok pun memantau kesiapan siswa dan sekolah yang mengikuti UN. Salah satunya dengan memantau CCTV di ruang penyimpanan soal UN.

"Dari tahun ke tahun di SMAN I ini memang bagus, penyuluhan dan antisipasi siap dilaksanakan, harapan kami seratus persen lulus semua, tahun kemarin 97 persen," ujarnya kepada wartawan, Senin (16/04/12).

Menanggapi antisipasi adanya kebocoran soal UN dan isu jual beli kunci jawaban di kalangan siswa, Idris berharap hal itu tak terjadi. Dia pun meminta agar siswa tak mempercayai kunci jawaban yang tidak dapat dipastikan keakuratannya.

"Kalau ada siswa yang membawa kunci jawaban akan kita tarik, dan siswa ini akan dibawa di tataran kepsek, edukasi ke disdik, anak ini seperti apa? Tapi sudah kami imbau supaya jujur, mudah-mudahan enggak ada," tegasnya.

Idris menegaskan, banyaknya isu bimbel mengedarkan kunci jawaban UN juga sudah diantisipasi. Pihaknya melalui Dinas Pendidikan (Dindik) akan menindak tegas bimbel yang terbukti nakal.

"Itupun masih kategori isu yang harus diklarifikasi. Tapi Depok enggak ada, bimbel juga dibina Disdik. Sanksi izinnya kita cabut, tak boleh beroperasi. Kita sudah berupaya, agar tak terjadi, belum tentu akurat," tandasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6490 seconds (0.1#10.140)