Kapolda pegang peran di Ludruk Kartolo Cs

Minggu, 08 April 2012 - 20:05 WIB
Kapolda pegang peran di Ludruk Kartolo Cs
Kapolda pegang peran di Ludruk Kartolo Cs
A A A
Sindonews.com - Kapolda Metro Jaya di sela kesibukannya masih menyempatkan untuk bergabung dengan seniman Jawa Timur di Jakarta. Hal ini merupakan bagian dari usaha untuk melestarikan budaya.

Inspektur Jenderal Polisi Untung S Rajab akan tampil dua malam berturut-turut dalam Lakon Sarip Tambok Oso. Selain akan berperan sebagai Jogoboyo (kepetengan), Kapolda akan memerankan tokoh Tumenggung Jayengrono dalam episode pada malam berikutnya, yakni "Sawunggaling".

Dua Lakon tersebut merupakan permintaan dari Kapolda sendiri. Pasalnya dua cerita mempunyai nilai patriotisme.

"Dua lakon ini saya yang menyarankan. Ada nilai patrotismenya, bentuk perlawanan kepada Belanda. Sawunggaling ini juga melakukan perlawanan terhadap Belanda," ujar Untung pada saat konferensi pers di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Ludruk Kartolo Cs dalam lakon "Sarip Tambak Oso" dan "Sawunggaling" diselenggarakan oleh Etan Community bekerja sama dengan Harian Seputar Indonesia dan MNC Media yang akan digelar di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis 12 April dan Jumat 13 April 2012.

Pertunjukan ini juga menampilkan kesenian Ludruk Cak Kartolo Cs yang diperkuat seniman lainnya. Di antaranya Ning Tini, Cak Sabil, Cak wito, Cak Jamil, Cak Sapari, Cak Nurbuat, Ning Rohana.

Pertunjukan ini menjadi representasi seni tradisi, seni Rakyat, yang memberi penyegaran dan merangsang masyarakat agar terus memelihara budaya lokal.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)