Parpol berpeluang raih simpati publik

Kamis, 08 Maret 2012 - 06:56 WIB
Parpol berpeluang raih simpati publik
Parpol berpeluang raih simpati publik
A A A
Sindonews.com - Tingkat kepercayaan masyarakat atau pemilih terhadap sejumlah politisi dari partai politik terus mengalami penurunan. Situasi itu dipicu banyaknya kasus korupsi yang menyeret sejumlah kader sejumlah parpol.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai, kandidat yang diusung parpol berpeluang meraih simpati masyarakat. Asalkan, memiliki progam yang nyata dan transformatif.

"Bukan mustahil kandidat dari parpol kemudian akan terangkat elektabilitasnya. Kalau sejumlah kandidat itu memiliki beragam program yang riil dan transformatif," ujarnya kepada Sindonews saat dihubungi, Rabu (7/3/2012).

Disamping itu, dia menilai PDIP merupakan satu-satunya partai yang belum final memiliki kandidat yang benar-benar diusung dari internal partai. "Karena proses single water antara Nono Sampono dengan Jokowi itu belum final," terangnya.

Kemungkinan, ketika tingkat elektabilitas Jokowi tinggi, bisa jadi kemudian menjadi kandidat yang akan diperhitungkan oleh parpol-parpol lain.

"Hanya masalahnya adalah Jokowi itu kan lama di birokrasi Solo. Kalau misalnya dia masuk ke area kompetisi DKI tentu memang ada sesuatu situasi politik yang sangat komplek, terutama dalam konteks birokrasi dan sosial politik," ungkapnya.

Secara figur, tambah Gun Gun, Jokowi memiliki elektabilitasnya tinggi. Akan tetapi, apakah Jokowi mempunyai plafon yang berat, terkait dengan pengelolaan DKI yang identik sebagai kota metropolitan dan tempat prestisius dalam konteks demokratis elektoral? (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8626 seconds (0.1#10.140)