Pengusaha kakap sponsori cagub DKI

Sabtu, 03 Maret 2012 - 20:01 WIB
Pengusaha kakap sponsori cagub DKI
Pengusaha kakap sponsori cagub DKI
A A A
Sindonews.com - Jakarta ada daerah subur dalam perekonomian Indonesia. Tak pelak banyak pengusaha berusaha mengamankan usahanya agar terus eksis, salah satunya dengan cara menjadi sponsor calon gubernur (cagub) yang akan bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta mendatang.

Pengamat politik Burhanudin Muhtadi menangkap adanya kemungkinan para pengusaha, terutama kelas kakap, yang mulai mendekati calon-calon gubernur yang akan bertarung memperebutkan tahta DKI 1.

"Ada tendensi sponsor-sponsor kelas kakap yang bermain di belakang calon gubernur," kata Burhanudin dalam diskusi Redbons Discussion yang digelar Okezone.com di Gallery Cafe, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3/2012).

Namun Burhanudin tak mau menyebut identitas pengusaha kakap yang telah mengunci calon gubernur tersebut. Dia memberikan kisi-kisi, pengusaha itu pemilik kapital besar di bisnis properti, mal, dan beberapa bidang usaha lainnya.

"Semua berada di belakang calon-calon itu. Mereka menaruh telor di banyak keranjang. Jangan sampai kepentingan investor yang pengaruhi kebijakan pemilih," ungkapnya.

Peneliti dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta membatasi penerimaan dan pengeluaran dana kampanye bagi semua cagub.

"Kalau tidak, mereka akan tergantung dari donasi para kapital," tukasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2797 seconds (0.1#10.140)