Anak gajah lahir di Taman Safari

Kamis, 01 Maret 2012 - 11:18 WIB
Anak gajah lahir di Taman Safari
Anak gajah lahir di Taman Safari
A A A
Sindonews.com - Seekor gajah betina, hasil dari pelestarian krisis gajah Sumatera kembali melahirkan anaknya, di lembaga Konservasi eks Situ Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Kelahiran bayi gajah tersebut, menambah koleksi populasi gajah di Indonesia yang rawan akan kepunahan. Saat ini bayi gajah tersebut masih dalam pengawasan tim medis rumah sakit satwa Taman Safari.

Bayi gajah yang lahir dari pasangan induk gajah bernama Nilla (51) dan pejantan bernama David (8) ini lahir dengan berat 90 kilogram, dengan lingkar dada seratus tiga centi meter, dan lingkar kaki 850 centi meter (cm), serta kaki belakang 50 cm.

Bayi gajah jantan yang dilahirkan dalam cuaca hujan, dan kabut tebal ini merupakan keberhasilan pelestarian krisis gajah yang rawan akan kepunahan. Selain itu, bayi gajah yang belum diberi nama ini menjalani proses kelahiran normal. Dengan kelahiran ini, Taman Safari sebagai lembaga konservasi eks situ telah melahirkan sebanyak 19 ekor gajah.

Untuk menjaga ketahanan tubuhnya, bayi gajah yang dilahirkan dari induknya yang lebih tua dari pejantannya ini hanya di beri makan kacang tanah, kacang panjang, dan wortel. Berbeda dengan gajah yang telah dewasa yang biasa hanya memakan rerumputan.

Dengan kelahiran gajah ini, total gajah yang ada di lembaga Konservasi eks Situ Taman Safari Indonesia berjumlah 43 ekor. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5497 seconds (0.1#10.140)