Masyarakat diminta ikut berantas premanisme

Rabu, 29 Februari 2012 - 15:14 WIB
Masyarakat diminta ikut berantas premanisme
Masyarakat diminta ikut berantas premanisme
A A A
Sindonews.com - Dalam rangka menciptakan suasana Keamanan dan Ketertiban Nasional (Kamtibmas) dan, pihak Mabes Polri telah menginstruksikan kepada jajaran yang ada di daerah untuk meningkatkan dinamika kegiatan kepolisian dengan melibatkan masyarakat.

"Jadi ini sifatnya kewilayahan.Kenapa ini dilakukan? Dalam rangka untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.Dimana terkait beberapa kasus yang mengarah kepada premanisme," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal (Pol) M Taufik di Mabes Polri Jalan Trunojoyo Selasa (29/2/2012).

Selain itu,Mabes Polri juga menginstruksikan agar jajaran Polda meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat preventif.Diharapkan kegiatan ini, melalui peningkatan kegiatan patroli oleh satuan Sabhara di daerah-daerah yang tergolong rawan.

"Titik dan lokasi yang mungkin terjadinya gangguan Kamtibmas.Masing-masing wilayah tentunya sudah memiliki mapping wilayah kerawanan tersebut," ucapnya

Selain itu, pihak kepolisian mengharapkan adanya koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder yang lain. "Misalnya tokoh masyarakat dan tokoh agama agar menghimbau dan mengajak masyarakat yang lain agar tidak melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat premanisme tersebut," tukasnya.

Dia menambahkan, apabila ditemukan tindak pidana premanisme yang terjadi di masyarakat, jajaran kepolisian di lapangan diharapkan bisa bertindak secara cepat dan tuntas. "Ini beberapa hal yang menjadikan arahan untuk seluruh Polda-Polda dalam rangka upaya-upaya pemberantasan premanisme," tutu Taufik. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4607 seconds (0.1#10.140)