Memontum perdamaian umat beragama di dunia

Minggu, 12 Februari 2012 - 14:47 WIB
Memontum perdamaian...
Memontum perdamaian umat beragama di dunia
A A A
Sindonews.com - Ketua Presidium Inter Religion Council (IRC) Din Syamsuddin berharap, Pekan Kerukunan Umat dijadikan momentum perdamaian umat beragama di dunia.

"Pekan Kerukunan Umat beragama dunia ini bekerjasama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Perayaan ini tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar, tapi di kota-kota kecil juga," ujar Din di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (12/2/2012).

Di Indonesia, tambah Din, Pekan Kerukunan Umat Beragama dilaksanakan oleh IRC sejak Jumat 10 Februari 2012, di depan Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dimulai dengan dilakukannya penanaman pohon dan peresmian taman perdamaian yang dihadiri oleh tokoh dari berbagai agama.

"Untuk 2012 ini, ada kegiatan sarasehan kerukunan oleh anak-anak muda, penanaman pohon dan pendirian taman perdamaian. Hari ini adalah puncak perayaan yang kami harapkan memiliki makna simbolik dari gedung nusantara empat DPR, MPR, dan DPD RI," terangnya.

Diresmikannya taman perdamaian di DPR, menurut Din, merupakan bentuk simbolisasi kerukunan umat bergama di Indonesia. Untuk itu, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bersama menjaga perdamaian, tanpa memandang latar belakang perbedaan agama.

"Marilah kita hidup dalam kerukunan, hidup secara damai di Indonesia yang majemuk ini. Kami berharap, berbagai ketegangan dan konflik atas nama agama dapat kita hindari. Mari kita sadarkan semua agama (masyarakatnya) yang belum sadar untuk menjemput kehidupan yang harmoni," jelasnya.

Turut hadir dalam acara puncak, ketua MPR Taufiq Kiemas, dan beberapa organisasi kemasyarakatan (Ormas) keagamaan dengan latar belakang agama yang berbeda. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0541 seconds (0.1#10.140)