Puluhan ton pupuk palsu disita Polres Depok

Rabu, 08 Februari 2012 - 22:07 WIB
Puluhan ton pupuk palsu disita Polres Depok
Puluhan ton pupuk palsu disita Polres Depok
A A A
Sindonews.com - Bagi para konsumen pupuk sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, telah beredar pupuk palsu. Dugaan beredarnya pupuk palsu itu menyusul ditangkapnya pemasok pupuk palsu oleh Polres Depok.

Kapolres Depok Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengungkapkan, jajarannya telah berhasil mengungkap produksi pupuk palsu di wilayahnya. Pengungkapan itu berawal dari penangkapan oleh Polsek Cimanggis di Jalan Tol Jagorawi KM 16 Tapos, Depok.

Saat itu anggota Polsek Cimanggis mencegat truk membawa pupuk dari Sukabumi yang sedianya akan dibawa ke Sumatera. Setelah diteliti ternyata pupuk itu palsu.

"Awalnya petugas mendapati 11 ton pupuk dalam truk, setelah kami kembangkan lagi, kami berhasil mengamankan 81 karung atau sekira 4 ton lagi di pabriknya," kata Mulyadi, di kantornya, Kamis (8/2/2012).

Pupuk yang diamankan tersebut bermerek Petrokimia dan diproduksi di Cikembar, Sukabumi. Jenis pupuk yang diproduksi berjenis NPK, Ponska, TPS 36 dan NKCL. Celakanya, pupuk itu telah dicampur dengan batu alam atau batu kapur, tepung terigu dan zat pewarna.

Selain mengamankan barang bukti, petugas juga menahan empat tersangka yakni TS, RM, SH, dan N. Keempatnya dijerat dengan pasal berlapis yakni dengan UU Pembudidayaan tanaman dan UU Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6808 seconds (0.1#10.140)