Kapolres Depok bantah aniaya tahanan

Senin, 06 Februari 2012 - 17:55 WIB
Kapolres Depok bantah aniaya tahanan
Kapolres Depok bantah aniaya tahanan
A A A
Sindonews.com – Jajaran Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Depok memastikan tidak melakukan kekerasan terhadap tahanan berinisial HM (45) saat penggerebekan dan penangkapan komplotan pembobol brankas di Gedung Biru, Kalimalang, Jatimulya, Bekasi pada Sabtu 4 Februari 2012 malam sekitar pukul 23.00 WIB. Sebab, HM tewas dalam penangkapan tersebut.

Kapolres Depok Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengatakan, HM merupakan penjaga Gedung Biru yang saat itu diminta menunjukkan kamar anggota komplotan pencuri. HM, kata Mulyadi, tewas bukan karena kekerasan yang dilakukan anggotanya. Ia menduga HM justru tewas akibat kelelahan setelah menunjukkan kamar-kamar tersebut.

"Saat HR akan dibawa ke mobil petugas, baru berjalan tiga meter dia jatuh tersungkur ke aspal. Muka dan hidungnya membentur aspal dan berdarah. Karena tidak kuat berjalan HM dibopong ke mobil dan dibawa ke RS Polri Kramatjati. Setelah diperiksa dokter menyatakan HM sudah meninggal. Perlu diketahui juga bahwa dari mulut HR tercium bau alkohol," tegasnya kepada wartawan, Senin (6/2/2012).

Mulyadi menegaskan, untuk membuktikan HM tewas karena kekerasan atau kelelahan pihaknya masih menunggu hasil otopsi dari RS Polri Kramatjati. Ia pun mempersilahkan pihak keluarga untuk melaporkannya ke Propam Polda Metro Jaya bahkan hingga Komnas HAM.

"Tiga hari hasilnya baru dapat diketahui. Saya juga siap dipanggil Komnas HAM untuk menjelaskan kasus ini, soalnya pihak keluarga tak terima katanya. Lagipula korban ini bukan tahanan kami, bukan tersangka, ia hanya kami jadikan penunjuk kamar," tuturnya.

Pada malam tewasnya HM, Polres Depok berhasil membekuk komplotan spesialis pencurian brankas milik bank yang beroperasi di Jakarta Utara, Karawang, Bali, Solo, Boyolali, Tegal, Madiun, dan Kalimantan Timur. Ketiga pelakunya adalah Jac (40), Rus (36), dan Yau (38). Mereka juga merupakan pembobol brankas di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6198 seconds (0.1#10.140)