Kisah sukses Jokowi jadi pengusaha

Minggu, 05 Februari 2012 - 10:32 WIB
Kisah sukses Jokowi jadi pengusaha
Kisah sukses Jokowi jadi pengusaha
A A A
Sindonews.com - Menjadi pengusaha sukses dan berhasil agaknya menjadi impian banyak orang. Namun hal tersebut tidak berlaku pada Joko Widodo, exportir meuble sekaligus walikota Solo, yang belakangan namanya semakin meroket lewat program mobil nasional yang digalakkan di kotanya. Lalu bagai mana berjalanan karir lelaki yang akrab di sapa Jokowi ini?

Setelah sempat jatuh bangun sejak kecil, Jokowi rupanya mewarisi semangat orang tuanya dalam berusaha. Politikus asal PDI P ini mengakui menjalani usahanya dari titik minus.

"Saya mulai itu dari minus, bukan dari nol," terangnya. "Karena mulai langsung pinjem," candanya kepada Sindonews, Sabtu 3 Februari 2012 lalu.

Menengok ke belakang, Jokowi mengutarakan kekagumannya kepada orangtuanya dalam berusaha. "Orang tua sudah pernah jatuh bangun, dalam artian, semua pekerjaan pernah dilakuin sama orangtua saya. Dari yang jualan bambu, jualan kayu-kayu, tapi jangan pikir yang besar-besar," ujar penggemar musik rock tersebut.

Semangat itu lah yang kemudian diwarisinya sebagai modal salah satu modal usahnya saat ini. Selain pengalaman orang tuanya, rupanya Jokowi juga menanamkan semangat musik rock dalam hidupnya.

"Musik roker itu kan mendobrak, semangat, jadi masuk ke usaha juga kan mirip-mirip. Kalau kita melow-melowan, jatuh sekali ya langsung mewek-mewek ya repot," ujarnya sembari bercanda. "Pengusaha kalau enggak giat, enggak enerjik, enggak dinamis, ya kalah sama kompetitor dong," tambahnya lagi.

Dengan posisinya sekarang, banyak orang menganggapnya sebagai pengusaha sukses. Namun demikian, dirinya membantah anggapan masyarakat terahdap dirinya tersebut.

"Saya enggak mau dibilang sukses. Saya tidak pernah memposisikan diri pada zona nyaman. Kalau kita memposisikan diri pada zona nyaman, habis lah kita. Kita harus memposisikan diri kita, pada posisi-posisi yang menuntut diri kita di tantang oleh sebuah keinginan pasar," tegasnya malam itu. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2982 seconds (0.1#10.140)