PDIP ajukan 21 nama calon gubernur dan wakil

Selasa, 31 Januari 2012 - 15:12 WIB
PDIP ajukan 21 nama...
PDIP ajukan 21 nama calon gubernur dan wakil
A A A
Sindonews.com - Pesta demokrasi DKI Jakarta digelar enam bulan lagi. Sejumlah partai politik (parpol) tampaknya sudah menyiapkan sederet nama untuk dijagokan maju ke laga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2012-2017.

Tak terkecuali Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini. Partai berlambang banteng moncong putih ini telah menyiapkan 21 nama. Mereka yang dipilih adalah para kader PDIP mulai dari tingkat daerah.

Namun, kader dari Solo seperti Joko Widodo tak termasuk dalam sederet nama itu. Sebelumnya, Wali Kota Solo ini pernah diisukan akan diusung PDIP ke pentas Pilgub DKI Jakarta.

"Jokowi belum terdaftar di sini, yang ada malah Wakil Wali Kota Surabaya Pak Bambang DH," anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Rio Sambodo, di kantornya, Selasa (31/1/2012). "Kami sudah verifikasi 21 nama dan segera kami ajukan ke DPP," imbuhnya.

Setelah diajukan ke DPP, pihaknya tinggal menunggu keputusan siapa orang yang dipilih DPP. Satu nama calon setidaknya harus sudah diputuskan jauh hari sebelum pendaftaran oleh KPUD dibuka pada Maret mendatang.

Meski demikian, pihaknya juga masih melakukan penjajakan jika kemungkinan ada koalisi dengan partai lain.

"Kemungkinan besar kita akan berkoalisi, karena syarat pengajuan calon gubernur itu kan minimal kursi 15 persen di DPRD, sedangkan PDIP hanya punya kursi 7," imbuh anggota Komisi E DPRD ini.

Saat ini komunikasi politik dengan beberapa partai yang memiliki fraksi sudah dilakukan secara intensif, di antaranya dengan Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejaktera (PKS). "Kemungkinan untuk koalisi ini masih terbuka luas," katanya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0633 seconds (0.1#10.140)