Depok akan bangun tol baru

Minggu, 29 Januari 2012 - 09:48 WIB
Depok akan bangun tol baru
Depok akan bangun tol baru
A A A
Sindonews.com – Kota Depok rencananya akan membangun Tol Depok-Antasari (Desari). Saat ini pembangunan tol tersebut sedang dalam masa pembebasan lahan.

Setelah memiliki akses tol Cinere – Jagorawi (Cijago), Depok pun akan memiliki akses jalan tol lainnya yakni tol Depok – Antasari (Desari).

“Sejak 2003, Depok sudah direncanakan akan memiliki dua akses tol yakni Cijago, dan Desari,” ujar Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail kepada wartawan, Minggu (29/01/12).

Nur Mahmudi menjelaskan proses renegosiasi dengan investor pun sudah selesai dijajaki. Saat ini, kata dia, hanya tinggal tergantung proses pembebasan lahan dan pengukuran tanah warga oleh Tim Pembebasan Tanah (TPT).

“Sudah selesai renegosiasi, tergantung proses musyawarah dan pengukuran antar warga dan TPT, pembebasan lahan saat ini sedang berjalan, bukan saya yang menargetkan,” paparnya.

Sebelumnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan pembangunan tol Desari sudah selesai ditandatangani oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Pihaknya menargetkan tahun 2014 tol Desari sudah rampung.

“Sebagian lagi pembebasan lahan, dibantu oleh Wali kota Depok, bagaimana radialnya kita menuju Antasari kita sudah dibantu Wali kota Depok untuk yang dijalan lingkar ini dari Antasari ke Depok. Kita targetkan dan pacu, paling secara keseluruhan 2014 sudah selesai,” tegas Hermanto.

Setelah terkatung–katung sejak rencana awal 2003 lalu, akhirnya kini pihak investor dan Pemerintah Kota Depok memperjelas komitmen pembangunan Tol Desari. Akhir 2011, P2T sudah mendata yakni 400 bidang di Pangkalan Jati Baru, dan 90 bidang di wilayah Gandul yang akan dibebaskan.

Pembangunan Jalan Tol Desari sepanjang 22,82 km rencananya dikerjakan dalam tiga tahap. Tahap I sepanjang 6,85 km (Antasari-Cinere), tahap II sepanjang 6,3 kilometer (Cinere-Sawangan), dan tahap III sepanjang 9,44 kilometer (Sawangan-Bojonggede). Menurut rencana awal, pembangunan tahap I dimulai pada triwulan IV-2008 dan selesai pada September 2009.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6414 seconds (0.1#10.140)