Biaya rumah sakit di Tangerang gratis

Selasa, 24 Januari 2012 - 10:39 WIB
Biaya rumah sakit di Tangerang gratis
Biaya rumah sakit di Tangerang gratis
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang ditahun 2012 ini akan segera menggratiskan biaya rumah sakit untuk kelas 3 di seluruh rumah sakit rujukan bagi masyarakat Kota Tangerang. Kebijakan tersebut diambil Pemkot Tangerang setelah mendapatkan restu dari DPRD setempat.

"Rencananya di tahun ini kita akan realisasikan biaya kesehatan gratis di rumah sakit untuk kelas 3 bagi masyarakat Kota Tangerang. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi khawatir untuk berobat karena akan kita gratiskan," kata Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, di Kantornya, Jalan Peristis Kemerdekaan Tangerang, Selasa (24/1/2012).

Arief menambahkan, tindak lanjut penggratisan retribusi puskesmas yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

Sementara itu, Saeroji, Anggota Dewan Komisi II yang menangani masalah kesehatan mendukung dengan rencana Pemkot Tangerang tersebut.

"Kita dukung bila kebijakan ini berpihak pada masyarakat, tapi tentunya Pemkot juga harus bisa memahami kebutuhan rumah sakit, tentunya dengan menyamakan pagu pembayaran klaim antara pasien yang digratiskan dengan pasien umum yang bayar sendiri," tegas Saeroji.

Saeroji mengatakan, akan meminimalisir pihak rumah sakit menolak pasien seperti yang selama ini terjadi saat penerapan kartu multiguna. "Kalo bayarannya sama, kan enggak mungkin ditolak, selama ini karena dibayar setengah makanya banyak yang setengah hati juga melayani pasien," tuturnya.

Pengefektifan kesehatan gratis untuk kelas tiga di seluruh rumah sakit rujukan di Kota Tangerang rencananya akan direalisasikan bersamaan dengan E-KTP pada pertengahan tahun ini. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8376 seconds (0.1#10.140)
pixels