Foke jamin kebebasan warga Konghucu

Senin, 23 Januari 2012 - 12:00 WIB
Foke jamin kebebasan warga Konghucu
Foke jamin kebebasan warga Konghucu
A A A
Sindonews.com - Gubenur DKI Jakarta Fauzi Bowo berjanji akan menjamin keamanan warga Konghucu dari ancaman kekerasan pihak manapun. Beragama, menurut dia, tidak hanya dijamin kontitusinya tapi juga kebebasannya.

Maka itu, menurut pria akrab dengan sapaan Foke ini, tak boleh ada satu pun ancaman kekerasan terhadap agama manapun, termasuk Konghucu.

"Saya akan memberikan fasilitas bagi warga Konghucu sama seperti fasilitas yang saya berikan kepada umat agama lain di Jakarta ini," ujar Foke saat menghadiri perayaan tahun baru China (Imlek) di Vihara Dharma Bakti (Kim Tek Ie), Kelurahan Taman Sari, Glodog, Jakarta Barat (Jakbar).

Menurut dia, calon pemimpin di Jakarta nanti juga harus mampu menghormati keragaman dan kemajemukan yang ada. Salah satu bentuk penghormatan itu, dengan cara memberikan kebebasan beragama.

"Kalau ada calon pemimpin Jakarta yang bilang enggak ada empat buat etnis ini, enggak ada tempat buat etnis itu, berarti dia enggak ngerti Jakarta," tegasnya disambut tepuk tangan tamu undangan dan warga yang hadir dalam acara itu.

Foke yang dalam kesempatan itu mengenakan topi merah khas China, meminta agar warga Jakarta bersungguh-sungguh membangun budaya pluralisme untuk menegakan pilar Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara dari pantauan Sindonew di lokasi, suasana perayaan Imlek itu terlihat meriah. Aroma khas dupa yang dibakar menyeruak ke seluruh lokasi itu. Para tamu undangan sebagian besar warga Thionghoa itu tampak khidmat menjalankan ibadah. Sebagian lainnya terlihat gembira menyambut kedatangan tahun naga air yang diyakni tahun paling baik dalam kepercayaan China. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8335 seconds (0.1#10.140)