Walikota Depok kunjungi Kampung Cina

Jum'at, 20 Januari 2012 - 19:15 WIB
Walikota Depok kunjungi Kampung Cina
Walikota Depok kunjungi Kampung Cina
A A A
Sindonews.com – Masyarakat keturunan Thionghoa di kampung Cina, Limo, Depok bersuka cita menyambut perayaan Imlek. Guna melihat secara langsung persiapan perayaan Imlek, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail berkunjung ke rumah sesepuh warga Thionghoa, Thio Kim Sun Suryadi (81), di Jalan H Bona, RT 002/08, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo.

Warga di Kampung Cina pun sudah mempersiapkan dodol cina, kue kering, dan ketan. Kim Sun menceritakan hubungan warga Thionghoa dengan penduduk asli Depok terjalin harmonis.

Menurut Kim Sun, walaupun berbeda keyakinan, penduduk tetap rukun dan saling berbagi. Setiap penduduk keturunan merayakan Imlek, pasti memberi hantaran berupa kue dan hidangan lainnya kepada para tetangga. Begitu juga sebaliknya, saat penduduk asli merayakan Hari Raya Idul Fitri, pasti pihaknya menerima hantaran berupa ketupat lengkap dengan opor ayamnya.

“Tidak ada perbedaan antara penduduk Thionghoa dengan penduduk Depok, bercampur baur dengan seluruh masyarakat tanpa terkecuali,” kata Kim Sun di rumahnya, Jumat (20/1/12).

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan toleransi beragama di Depok harus terus dipelihara. Salah satunya kehidupan yang berdampingan antara warga Konghuchu dengan warga pribumi.

“Kami menggali kembali kenangan-kenangan lama mereka yang telah dirasakan bersama masyarakat sekitar. Saya bangga karena tidak terlihat perbedaan, mereka cukup lama bersatu melakukan kegiatan sosial bersama dan menikmati hidangan hari-hari besar masing-masing secara bersama,” papar Nur Mahmudi.

Nur Mahmudi menegaskan, peristiwa ini merupakan bagian dari kehidupan yang patut dipelihara.

“Pertahankan terus sikap yang seperti ini dan tularkan kepada warga lainnya sehingga Depok bisa menjadi miniatur bagi kota lainnya,” tandasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4560 seconds (0.1#10.140)