Seleksi calon anggota KPU belum selesai

Jum'at, 13 Januari 2012 - 15:18 WIB
Seleksi calon anggota KPU belum selesai
Seleksi calon anggota KPU belum selesai
A A A
Sindonews.com - Hasil seleksi administrasi calon penyelenggara pemilu dipersoalkan oleh banyak kalangan. Mereka mempertanyakan kinerja Tim seleksi. Protes pun berdatangan dari calon yang gugur.

Said Salahudin, salah satu pendaftar calon Anggota KPU dan Bawaslu yang gugur mengatakan, pertemuan sejumlah pendaftar KPU-Bawaslu yang tidak lulus administrasi dengan tim seleksi kemarin, membuka peluang dilakukannya pemeriksaan ulang berkas pendaftaran calon. Daftar nama calon lulus seleksi administrasi boleh jadi akan berubah.

"Dalam pertemuan itu, kita pertanyakan alasan ketiadaan nama mereka dalam pengumuman hasil seleksi. Padahal kita sudah melengkapi berkas administrasi yang diminta oleh tim seleksi," tutur Said , di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Jumat (13/1/2012).

Dia mengatakan, proses kerja tim dalam tahap seleksi awal ini melalui dua tahapan yaitu, screening oleh sekretariat dan pemeriksaan dokumen oleh 8 anggota tim. Namun, penjelasan Ramlan dikoreksi oleh anggota tim lain yang menyatakan bahwa 900 berkas pendaftar KPU-Bawaslu, semuanya diperiksa satu-persatu oleh 8 anggota.

"Kita hanya minta agar berkas pendaftaran dibuka kembali, kita menekankan soal kriteria pengalaman calon dalam pada tahapan seleksi administratif, jangan dijadikan satu sumber penilaian," kata Said.

Menyikapi perdebatan itu, Anies baswedan anggota Tim Seleksi (timsel), mengusulkan kepada anggota timsel yang lain agar dilakukan pemeriksaan ulang terhadap berkas administrasi pemrotes. Usulan kongkret Anies ini tidak mendapat penolakan dari anggota lainnya.

"Tim meminta waktu untuk membahas persoalan ini dalam rapat internal tim," ucap Anies. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)