Tiru Siti Fadilah dalam perangi virus flu burung

Selasa, 10 Januari 2012 - 15:06 WIB
Tiru Siti Fadilah dalam perangi virus flu burung
Tiru Siti Fadilah dalam perangi virus flu burung
A A A
Sindonews.com- Menteri Kesehatan (Menkes) saat ini diminta meniru kebijakan Siti Fadilah Supari dalam memerangi virus flu burung. Siti Fadilah merupakan mantan Menkes yang sekarang menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Siti menjelaskan, ketika menjadi Menkes dia mengeluarkan kebijakan untuk peternak unggas. Para peternak tersebut wajib mengandangkan hewan ternaknya. Selain itu, pihak rumah sakit diminta selalu siap siaga dalam menghadapi laporan adanya gejala maupun korban flu burung.

"Mudah-mudahan tidak akan merebak cepat," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2012).

Dia mengatakan, kasus flu burung itu juga harus ditangani secara cepat. Dia juga mengimbau supaya hewan yang terkena virus flu burung harus segera dilaporkan. Selain itu, perlu dilakukan langkah cepat dan nyata.

"Menurut saya perlu penanganan luar biasa, takutnya seperti dulu lagi. Dulu kan kaget semua. Tak seorang pun tahu akan jadi seperti apa," tukasnya.

Meninggalnya seorang warga di Sunter diduga akibat terserang virus flu burung menunjukkan negeri ini belum terbebas dari virus yang penyebarannya melalui unggas itu. "Dulu kan pernah hilang, pernah tidak ada, berarti kan pernah berhasil. Nah, cara-cara itu mestinya segera dihidupkan kembali. Salah satunya setiap RS harus siap, anytime ada kasus," ucapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6345 seconds (0.1#10.140)