Jakarta berpotensi hujan 3 jam per hari

Kamis, 05 Januari 2012 - 10:55 WIB
Jakarta berpotensi hujan 3 jam per hari
Jakarta berpotensi hujan 3 jam per hari
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan di Ibu Kota cukup tinggi selama Januari dan Februari. Warga Jakarta dihimbau untuk tanggap jika sewaktu-waktu banjir datang.

Kepala Subbidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan saat ini BMKG mendata ada sekitar 32 wilayah di Jakarta yang rawan banjir tinggi.

“Sesuai prediksi BMKG, hujan tinggi dan berpotensi banjir pada Januari dan Februari,” kata Harry kepada Sindonews, Kamis (5/1/2012).

Dia melanjutkan, hujan yang berpotensi menimbulkan genangan air yakni intensitas hujan harian.

Dia mengatakan Minggu ini kawasan Jabodetabek diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat setiap akhir pekan. Pada hari lainnya, hujan diperkirakan akan tetap mengguyur namun dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Di akhir minggu ini lebih intensif, artinya intensitasnya lebih meningkat di akhir minggu,” ujar Harry.

Untuk mengetahui cuaca harian dan mingguan, BMKG selalu melakukan update setiap hari dan setiap minggu.

Dia menegaskan, puncak hujan bisa saja mengguyur Jakarta lebih dari tiga jam per harinya bahkan lebih. Hujan dengan intensitas tinggi bisa menghasilkan volume air 300 mm hingga di atas 400 mm per bulannya.

"Bukan hanya curah hujan yang lebat, bahkan hujan intensitas bisa mencapai tiga jam lebih," ucapnya tegas.

Diakui Harry, warga Jakarta saat ini terkesan sudah biasa menghadapi banjir. Namun BMKG meminta untuk tahun ini warga harus lebih tanggap jika sewaktu-waktu hujan datang dengan curah yang sangat tinggi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)