Polisi tetap tilang pelanggar pada malam tahun baru

Selasa, 27 Desember 2011 - 14:00 WIB
Polisi tetap tilang pelanggar pada malam tahun baru
Polisi tetap tilang pelanggar pada malam tahun baru
A A A
Sindonews.com - Anda yang akan merayakan pergantian tahun baru di Jakarta wajib mengetahui situasi kondisi ruas jalan raya. Seperti suasana tahun baru sebelumnya, tahun baru ini banyak ruas jalan diprediksikan macet. Tapi demikian, tidak ada penutupan di Jalan Protokol.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Agung Budi kepada Sindonews mengatakan, tidak ada jalan protokol di DKI Jakarta ini yang ditutup pada malam pergantian tahun. Sebab, penutupan jalan ternyata tidak efektif dan hanya akan memperparah kemacetan.

Pihaknya hanya memberlakukan sistem buka tutup di ruas jalan jika sudah menunjukan tanda-tanda bakal macet. Agung tak menyebut akan ada berapa ruas jalan yang diberlakukan sistem buka tutup itu.

"Penutupan ruas jalan nanti dilakukan secara situasional, tergantung kondisi ruas jalannya nanti perlu ditutup atau dibuka," jelas Agung.

Dengan sistem buka tutup itu, akan ada pengalihan jalan. "Ketika macet, maka akan disetop, jika kondisi sudah aman, baru dialirkan lagi," tuturnya.

Agung memperkirakan tak hanya kemacetan yang bakal terjadi, pada tahun baru akan banyak pula pelanggaran dilakukan pengendara sepeda motor, seperti misal pengendara tak memakai helm. Mereka yang melanggar tetap akan ditilang.

Nanti malam, pengamanan ruas jalan menuju Jakarta Convetion Centre (JCC) ditingkatkan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir dalam puncak perayaan Natal Nasional 2011 di sana. "Polri di sini bertugas mengatur lalu lintas saja, untuk pegang komando pengamanan ada di Paspampres dan Kodam Jaya," jelas Agung. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6188 seconds (0.1#10.140)