Wali Kota Jakut: Jangan Pernah Kucilkan ODP dan PDP Covid-19

Senin, 30 Maret 2020 - 19:25 WIB
Wali Kota Jakut: Jangan Pernah Kucilkan ODP dan PDP Covid-19
Wali Kota Jakut: Jangan Pernah Kucilkan ODP dan PDP Covid-19
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Utara mengajak warga bersatu dalam penanganan virus Corona (Covid-19). Tak sekadar pencegahan, peran warga dalam penanganan pun dibutuhkan seperti memberi dukungan isolasi diri yang tengah dijalani warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, masyarakat wajib memberi dukungan kepada warga yang terpapar Covid-19. Salah satu caranya saling berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama ODP menjalani proses isolasi diri di rumah.

“Warga saling membantu terutama memenuhi kebutuhan pokoknya. Tentu kolaborasi ini sesuai dengan protokol kesehatan diorganisir tim medis dan pemerintah,” ujar Sigit, Senin (30/3/2020).

Berdasarkan data pada Senin (30/3) pukul 08.00 WIB, sebanyak 117 warga Jakarta Utara dinyatakan sehat dari Covid-19 seusai menjalani proses observasi. Sedangkan, 12 warga lainnya masih menjalani isolasi diri di rumah dan tiga warga lain dinyatakan sembuh dari Covid-19. (Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Drone Semprotkan Disinfektan di Penjaringan)

“Penanganan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. Jangan pernah mengucilkan ODP dan PDP. Kita bantu warga yang sedang menjalani isolasi di rumahnya,” kata Sigit.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan Corona.

Di antaranya tetap berdiam diri di rumah, tidak berkerumun, menjaga jarak sosial dan fisik, menggunakan masker jika mendesak pergi keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, hingga mencuci baju sepulang dari luar rumah.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4763 seconds (0.1#10.140)