Tetap Bekerja di Tengah Ancaman Corona, Petugas SPBU: Dibawa Enjoy Aja

Sabtu, 28 Maret 2020 - 16:06 WIB
Tetap Bekerja di Tengah Ancaman Corona, Petugas SPBU: Dibawa Enjoy Aja
Tetap Bekerja di Tengah Ancaman Corona, Petugas SPBU: Dibawa Enjoy Aja
A A A
JAKARTA - Meskipun virus Corona atau Covid-19 mewabah, sejumlah warga masih harus bekerja di lapangan demi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tak terkecuali bagi petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Uumum (SPBU).

"Kalau perasaan khawatir sih ada yah, tapi tetap dibawa enjoy saja. Kita juga selalu pakai masker, selalu rajin cucin tangan dengan hand sanitizer, dan dicek suhu untuk mencegah agar jangan sampai terpapar," ujar petugas SPBU 34.12504, Erik Priatna, di kawasan Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (28/3/2020).

Selain membekali diri dengan masker dan hand sanitizer, dia pun selalu rajin bersih-bersih diri dan mencuci pakaian di rumah usai pulang dari pekerjaannya. Semua itu dilakukan agar tak sampai terjangkit virus Corona.

Apalagi, kata pria asal Cianjur itu, keluarganya di kampung pun selalu mengingatkan padanya untuk selalu berhati-hati, khususnya saat bekerja di lapangan sehingga terhindar dari corona. Tak lupa, dia pun selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu diberikan perlindungan dari segala macam penyakit, khususnya Corona.

"Dari atasan di sini juga selalu mengingatkan untuk selalu pakai masker dan rajin cuci tangan pada semua karyawan. Jaga jarak juga, apalagi kan ketemu banyak orang," tuturnya.

Sementara itu, petugas SPBU lainnya di kawasan Jalan Kemang Raya, Hernanto, menjelaskan, meski pun khawatir dengan penyebaran virus Corona mereka tetap harus bekerja di lapangan. Apalagi, di lingkungan tempat kerjanya semua karyawan masih bekerja secara normal sebagaimana hari biasanya.

"Namanya pekerjaan di pelayanan seperti ini, kita tetap harus berada di lapangan kan. Tidak kerja kan tak ada pemasukan dan tak ada gaji bisa-bisa, kalau kerja kantoran sih kerja di rumah juga bisa dan tetap dapat gaji," terangnya.

Meski di tempatnya bekerja selalu dilakukan pembersihan dan diberikan masker dan hand sanitizer, dia pun tetap melakukan sejumlah upaya sendiri dalam menjaga kesehatannya. Salah satunya, dengan mengkonsumsi vitamin dan meminum minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

"Saat di rumah, yah minumnya air jahe dan air rebusan daun sirih biar daya tahan tubuh lebih fit, lalu sedia air putih juga tiap kerja, olahraga minimal 15 menit lah sehari. Kalau tubuh tetap fit kan Insya Allah sistem kekebalan kita pada virus jadi lebih baik," katanya.

Dia berharap, pemerintah Indonesia bisa lebih massif dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Lebih penting lagi, pemerintah wajib memperhatikan kondisi perekonomian dan kehidupan masyarakat menengah ke bawah, khususnya yang bekerja di tempat-tempat swasta.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5573 seconds (0.1#10.140)