alexametrics

Jadwal Patroli Kian Padat, Begini Cara Satpol PP Menjaga Kebugaran

loading...
A+ A-
JAKARTA - Di tengah upaya memerangi virus Corona (Covid-19), tentu para petugas perlu terus menjaga kebugaran. Termasuk bagi personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP.

Di Jakarta Barat, Satpol PP punya cara tersendiri agar tetap bugar sehingga kerja tetap jalan. Mereka mengubah pola masuk absensi, dimana sekarang bekerja dengan waktu 12 jam sehari lalu dua hari libur.

"Kita sudah mulai sistem anggota 1 per masuk per 12 jam dalam sehari," ucap Kasi PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Barat Ivan Sigiro saat dihubungi, Jumat (27/3/2020).



Menurut dia, petugas yang masuk tetap melakukan patroli rutin ke sejumlah wilayah. Namun kini tugasnya bukan hanya memantau pedagang kaki lima. Satu persatu rumah warga, pemukiman, hingga tempat tongkrongan, dipantau menyeluruh.

Ivan memaparkan, dengan kerja 12 jam, artinya, pekerja yang masuk jam 6 pagi hanya bisa bekerja hingga jam 6 sore. Mereka masuk kembali besok di waktu yang sama dan libur dua hari.

Kebijakan ini dilakukan demi menjaga kesehatan para anggota Satpol PP yang bertugas. Sebab dalam sehari, anggota Satpol PP kerap mengunjungi tempat-tempat yang masih ramai untuk memberi imbauan ke pedagang kaki lima, sampai ke tempat hiburan malam.

"Jadi mereka terus-terusan jadwal seperti itu, tujuannya supaya ada jam istirahat lebih panjang. Jaga kesehatan dan daya imun itu lebih kuat lagi bagi anggota," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top