alexametrics

Cegah Corona, Benda-benda Berbahan Ini Juga Harus Diberi Disinfektan

loading...
A+ A-
JAKARTA - Penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah DKI Jakarta bertujuan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Namun, pemyemprotan disinfektan belum tentu efektif dalam meminimalisir penyebaran virus Corona.

Ketua Divisi Relawan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C), dr Hadiki Habib mengatakan, keefektifan disinfektan dalam menekan penyebaran virus Corona memang belum teruji."Efektivitas untuk membuktikan itu, penelitian yang menyatakan efektif atau tidak sih belum konkrit," kata Hadiki saat dihubungi SINDOnews, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, meski belum teruji secara medis namun hal itu sudah banyak dilakulan negara-negara asing, seperti China. Terlebih penyemprotan disinfektan merupakan suatu usaha untuk menekan penyebaran virus Corona yang ditularkan dari cairan saat bersin dan batuk.



"Disinfektan ini kan untuk membersihkan udara yang mengadung klorin, itu diharapkan bisa membantu mengurangi. Namun untuk efektivitas belum ada buktinya. Tapi kalau dilakukan menurut saya tidak ada masalah," ungkapnya.

Dia menuturkan, cara yang paling efektif untuk menekan penyebaran virus Corona yakni membersihkan permukaan seperti pada benda berbahan plastik dan stainless steel. Sebab, kata dia, virus ini dapat bertahan selama 24 jam.

"Yang paling baik itu artinya di lap dengan larutan disinfektan itu yang paling efektif. Jadi penyemprotan ini untuk mengcover kalau ada yang tidak terjangkau dari pembersihan permukaan," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top