Cegah Virus dan Kuman, MNC Peduli Sosialisasi Cara Cuci Tangan

Kamis, 19 Maret 2020 - 19:42 WIB
Cegah Virus dan Kuman, MNC Peduli Sosialisasi Cara Cuci Tangan
Cegah Virus dan Kuman, MNC Peduli Sosialisasi Cara Cuci Tangan
A A A
JAKARTA - Virus Corona atau COVID-19 yang sudah mencapai 219.332 kasus di hampir seluruh belahan dunia telah memasuki wilayah Indonesia sejak 2 Maret 2020.

Hal ini banyak membuat masyarakat Indonesia menjadi cemas dan khawatir karena kurangnya pemahaman masyarakat.

Sejalan dengan imbauan dari pemerintah terkait pencegahan COVID-19, diperlukan peran dan inisiatif segenap komponen masyarakat untuk turut menggaungkan sosialisasi langkah-langkah pencegahan penyebaran virus.

MNC Peduli juga mengkampanyekan tata cara mencuci tangan yang baik dan efektif mencegah virus serta kuman di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Ada empat momen cuci tangan, yakni sebelum dan sesudah makan, setelah memegang benda yang kotor, setelah buang air besar dan kecil, dan sebelum serta sesudah mengobati luka.

“Kita mengetahui sekarang Indonesia dan dunia sedang mengalami wabah Corona. Jadi salah satu hal yang MNC Peduli ingin lakukan adalah untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut. Jadi disana Kami mengajarkan anak-anak cara cuci tangan yang baik, seringkali anak-anak agak lupa tentang hygiene mereka,” tutur Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo.

Melalui desain poster sosialisasi yang menarik, MNC Peduli memvisualisasikan enam tahap cara cuci tangan. Pertama, kita membasahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir. Kedua, disusul dengan menuangkan sabun ke telapak tangan.

Ketiga, gosok sabun ke telapak dan sela jari. Keempat, bersihkan bagian kuku dan punggung tangan. Kelima, membilas tangan dengan air bersih mengalir dan terakhir atau keenam, mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu.

Selain melalui media desain poster, MNC Peduli juga terjun langsung memberikan sosialisasi terkait Covid-19 di Desa Binaan MNC Peduli tepatnya di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi dengan cara memberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar.

Sosialisasi diberikan kepada para anak sekolah dan guru-guru di SDN Pantai Bakti 02. Kegiatan sosialisasi diisi dengan praktik mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan air dan sabun anti bakterial.

Sosialisasi ini diberikan agar masyarakat dapat teredukasi cara pencegahan COVID-19 dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan yang baik dan benar.

“Dengan adanya MNC Peduli ini anak-anak sangat tertarik dan sangat bermanfaat sangat antusias,” ungkap Kepala Sekolah SDN Pantai Bakti 02, Jamiludin.
(dam)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0764 seconds (10.55#12.26)