MER-C: Mengurangi Aktivitas di Luar Rumah Bantu Tenaga Medis Menangani Corona

Rabu, 18 Maret 2020 - 09:09 WIB
MER-C: Mengurangi Aktivitas di Luar Rumah Bantu Tenaga Medis Menangani Corona
MER-C: Mengurangi Aktivitas di Luar Rumah Bantu Tenaga Medis Menangani Corona
A A A
JAKARTA - Kasus virus Corona atau Covid-19 sudah menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Imbauan kepada masyarakat untuk menghindari keramaian sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Ketua Divisi Relawan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) dr Hadiki Habib mengatakan, upaya preventif dengan meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah merupakan langkah yang bagus. Sebab penyebaran virus Corona ditularkan dari percikan batuk atau bersin seseorang.

"Kalau dari saya sebagai petugas medis memang tujuannya untuk menurunkan transmisi (penyebaran), jadi tentu saja kita (tenaga medis) terbantu," kata Hadiki saat dihubungi SINDOnews, Rabu (18/3/2020).

Menanggapi wacana lockdown terkait status bencana non alam untuk kasus virus Corona, ia menyarankan agar pemerintah baik pusat dan daerah terlebih dahulu mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi. Sebab, jika kebijakan itu yang nanti dipilih maka ketersedian pangan dalam masa waktu tersebut harus dipenuhi agar tidak menimbulkan kekacauan.

"Jika opsi itu dipilih maka pertimbangan lokckdown itu bukan hanya pertimbangan medis, harus ada pertimbangan lain juga," ungkapnya.

Menurut dia, dalam menangani virus Corona di TanahaAir harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dan pemerintahan yang ada. Sebab, hal utama yang saat ini diperlukan yakni penanganan medis itu sendiri guna memastikan keselamatan masyarakat di Indonesia.

"Mesti ikut terlibat semua. Terutama dari petugas kesehatan, ini memang harus dilibatkan untuk mengetahui besaran masalah dan, kemudian mengenai diagnostic pemeriksaannya, ini segera diperluas aksesnya dan dipercepat hasil pemeriksaannya," tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6574 seconds (0.1#10.140)