alexametrics

Hindari Kontak Langsung, Penularan Corona Terjadi Melalui Droplet

loading...
A+ A-
JAKARTA - Hampir seluruh penyebaran virus ditularkan melalui adanya kontak langsung dengan penderita. Hal ini pun sama seperti wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda dunia, tak terkecuali Indonesia.

Ketua Divisi Relawan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) dr Hadiki Habib menjelaskan, penularan penyakit atau transmisi virus corona terjadi melalui droplet."Iya jadi menular itu melalui droplet. Droplet itu artinya percikan cairan yang keluar ketika kita batuk atau bersin," ujar Hadiki saat dihubungi SINDOnews, Minggu (15/3/2020).

Untuk mengantisipasi penularan virus corona, Hadiki menganjurkan kepada masyarakat untuk lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah. Sebab, kata dia, penularan penyakit akan lebih mudah jika terjadi kontak langsung dengan penderita corona.



"Jadi jaraknya memang kurang dari satu meter. Makanya ada anjuran agar menghindari kontak erat dan untuk mencegah percikan cairan itu," ungkapnya.(Baca: Anies Tegaskan Tak Akan Lockdown Jakarta)

Hadiki melanjutkan, bagi masyarakat yang tengah berada dalam kondisi sakit diimbau untuk selalu memakai masker. Terutama agar tetap menjaga norma saat bersin atau batuk."Orang yang batuk atau bersin disarankan ya menutup mulut atau kalau yang sakit pakai masker," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top