Melambung karena Corona, Harga Empon-empon Mulai Alami Penurunan

Selasa, 10 Maret 2020 - 07:38 WIB
Melambung karena Corona, Harga Empon-empon Mulai Alami Penurunan
Melambung karena Corona, Harga Empon-empon Mulai Alami Penurunan
A A A
JAKARTA - Kemampuan empon-empon (rempah-rempah) dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap terhadap virus Corona telah berdampak terhadap meningkatnya permintaan di Jakarta. Empon-empon yang menjadi viral membuat harganya meningkat tajam seperti Jahe Merah, Jahe, Kunyit, Temu Lawak dan lainnya.

Permintaan yamg tinggi tersebut berdampak terhadap peningkatan harga jual empon-empon semisal Jahe Merah yang dikala normal seharga Rp40.000-45.000/kg saat ini dijual dengan harga Rp65.000 sampai Rp70.000. Jahe yang di hari biasa dijual dengan harga Rp20.000 saat ini di harga Rp35.000

"Harga tersebut sudah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan harga di bulan Februari 2020," ujar Sekdis DKPKP Suharini kepada SINDOnews, Senin (9/3/2020).

Berdasarkan informasi dari para pedagang empon-empon di Blok III Pasar Senen, saat ini harga empon-empon berangsur turun. "Sementara pasokan empon-empon juga terus mengalir dari berbagai daerah di luar Jawa seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat, kondisi barang sangar segar dan baik," jelasnya.

Suasana yang mulai normal juga tercermin dari seluruh pedagang pasar pangan segar di Blok III Pasar Senen. Semua komoditas pangan segar sayur, buah, daging, ikan, telur ayam, dan beras tersedia dan harga berangsur turun.

"Ini merupakan sinyal positif untuk mengajak kepada semua warga Jakarta untuk tetap tenang, tidak panic buying dalam menyikapinya," tutup Suharini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9582 seconds (0.1#10.140)