Soal Corona, MER-C: Percayakan Penanganan pada Pemerintah

Jum'at, 06 Maret 2020 - 16:27 WIB
Soal Corona, MER-C: Percayakan Penanganan pada Pemerintah
Soal Corona, MER-C: Percayakan Penanganan pada Pemerintah
A A A
JAKARTA - Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) mengajak masyarakat untuk tidak percaya terhadap informasi simpang-siur berkaitan dengan virus Corona yang tengah terjadi di Indonesia. Masyarakat diminta percaya pada pemerintah atau lembaga resmi.

Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad mengatakan, saat ini kasus Corona di Indonesia sudah ditangani secara intens oleh pemerintah. Karena itu, masyarakat diharapkan tidak resah dan khawatir dengan kasus COVID-19 ini.

"Jangan mengeluarakan statmen/pernyataan yang bisa mengganggu ketenangan stabilitas sosial," ujarnya di kantor MER-C, Jalan Kramat Lontar J 157, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Dia menilai, upaya pemerintah dalam penamganan Corona dengan cara mengisolasi korban di ruang pemantauan atau ruang perawatan isolasi di sejumlah rumah sakit rujukan, sudah benar.

Namun, jika kasus Corona meluas dan rumah sakit tidak bisa menampung lagi pasien, maka harus ada langkah selanjutnya yakni dengan mengisolasi korban dan isolasi masyarakat.

"Konsep manajemen bencananya, membatasi kontak antarsesama masyarakat dengan jalan berdiam diri di dalam rumah, gedung atau kompleks dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah," katanya.

Jika masuk pada tahapan mengisolasi masyarakat, maka kebutuhan pun harus diperhatikan agar masyarakat tetap bisa bertahan hidup.

"Harus tetap difasilitasi pemerintah. Kondisi yang bisa menguntungkan manajemen bisa dipermudah seperti layanan suplai listrik/internet, pasokan bahan makanan, layanan kesehatan ambulans, dan pra hospital bagi yang membuthkan," tukasnya
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)