Pemkab Bekasi Dorong IKM dan Industri Besar Bersinergi

Senin, 02 Maret 2020 - 08:52 WIB
Pemkab Bekasi Dorong IKM dan Industri Besar Bersinergi
Pemkab Bekasi Dorong IKM dan Industri Besar Bersinergi
A A A
BEKASI - Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi mengajak industri besar dengan Industri Kecil Menengah (IKM) bersinergi dan terus berkembang. Sinergitas itu dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing usaha dan ekonomi.

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Peno Suyatno mengatakan, perlu ada sebuah forum untuk mensinergikan industri skala besar dengan IKM sehingga akan terjalin kerja sama sesuai kebutuhan masing-masing. "Di forum bisnis kan ada IKM yang memproduksi makanan, karpet, logam, dan lainnya," ujarnya, Senin (2/3/2020).

Menurut dia, perusahaan besar sangat membutuhkan IKM untuk menutupi kebutuhannya. Maka itu, IKM dan industri besar sangat diwajibkan sinergi agar saling menguntungkan.

Hingga saat ini, kerja sama antara industri kecil dan besar belum ada koordinasi yang difasilitasi pemerintah, tidak disatukan. Jadi hanya sebatas perorangan saja bukan forum. "Sejak tahun lalu kita buat forum agar terjalin kerja sama dan simbiosis mutualisme antara pelaku industri," ucapnya.

Dengan terjalinnya kerja sama, Dinas Perindustrian yakin akan berdampak juga pada penyerapan tenaga kerja sehingga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi meningkat. "Nantinya bisa memberdayakan warga," kata Peno.

Dia berharap pelaku IKM bisa memanfaatkan teknologi digital seoptimal mungkin. Saat ini,
pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku IKM di Kabupaten Bekasi menjadi penting untuk mendongkrak daya saingnya hingga kancah global.

Upaya ini juga sebagai bagian dari pelaksanaan langkah-langkah prioritas yang tertuang dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. "Guna memacu IKM nasional berperan pada penerapan revolusi industri 4.0, kami terus mendorong IKM Kabupaten Bekasi terlibat di e-commerce yang diimplementasikan dalam program e-Smart IKM," ujarnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2048 seconds (0.1#10.140)