Sesmenpora Serahkan Nama-nama Terduga Mafia Pengaturan Skor

Selasa, 18 Februari 2020 - 13:38 WIB
Sesmenpora Serahkan...
Sesmenpora Serahkan Nama-nama Terduga Mafia Pengaturan Skor
A A A
JAKARTA - Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto bertemu Satgas Antimafia Bola Jilid III di Polda Metro Jaya, Selasa (18/2/2020). Gatot pun menyerahkan nama-nama yang diduga terlibat dalam pengaturan skor. "Tadi kami menyebutkan beberapa nama yang perlu diwaspadai," katanya.

Pihaknya mengantongi identitas seseorang yang diduga penghubung antara agen dengan bandar judi atau biasa disebut runner. Selain itu, beberapa owner klub juga diduga ikut bermain dalam pengaturan skor. "Runner ada seseorang dan owner-owner klub itu ada beberapa nama tertentu," ujar Gatot.

Dia juga berbagi pengalaman saat berkunjung ke Eropa. Gatot kagum melihat dinamika sepak bola di Liga Spanyol. Ternyata di sana sinergitas antara pemerintah, federasi sepak bola, PT Liga Spanyol dengan pihak klub terjalin sangat bagus.

"Makanya di sana sangat kecil kemungkinan pengaturan skor. Sebab, pihak kepolisian di Spanyol bisa langsung nyiduk, langsung nangkap," katanya. (Baca juga: Masa Tugas Satgas Anti Mafia Bola Diperpanjang, Menpora Sampaikan Terima Kasih)

Kasatgas Anti Mafia Bola Jilid III Brigjen Pol Hendro Pandowo bakal mengawasi seluruh pertandingan di Liga 1, 2, dan 3. Dia juga turut melibatkan masyarakat. "Kami membuat call center, artinya masyarakat juga bisa memberi masukan kepada kami," ujarnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)