DKI Prioritaskan Jalur Sepeda Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal

Rabu, 05 Februari 2020 - 17:26 WIB
DKI Prioritaskan Jalur Sepeda Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal
DKI Prioritaskan Jalur Sepeda Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan membangun 137 kilometer jalur sepeda pada tahun ini. Pembangunan diprioritaskan dari perumahan menuju lokasi moda transportasi massal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, saat ini pihaknya masih memetakan pembangunan jalur sepeda sepanjang 137 kilometer yang mengintegrasikan perumahan dengan moda transportasi satu dan lainnya. Menurut Syafrin, dengan adanya jalur sepeda yang terintegrasi tersebut, masyarakat bisa menjadikan sepeda sebagai moda transportasi pengumpan dan pengganti moda transportasi yang biasa digunakan.

"Jadi tahun ini kita akan memiliki 200 kilometer jalur sepeda. Itu semua saling terhubung dari rumah dan antarmoda transportasi," kata Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (5/2/2020). (Baca: DKI Akui Ada Peningkatan 500 Persen Pesepeda di Jalur Sepeda)

Syafrin menjelaskan, jalur sepeda itu nantinya akan tetap berada di bahu jalan. Namun akan dibuat khusus agar tidak ada pengguna kendaraan lain menerobos jalur sepeda. Salah satunya dengan menggunakan pembatas crime ataupun sebagainya.

"Dalam Undang-Undang No 22/2009 tentang Angkutan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan itu diatur bahwa pengguna kendaraan wajib menghormati pengguna sepeda dan pejalan kaki. Kita akan ubah kebiasaan itu," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)