Belum Ada Sheet Pile, Permukiman Warga di Kembangan Rawan Banjir

Kamis, 30 Januari 2020 - 18:03 WIB
Belum Ada Sheet Pile, Permukiman Warga di Kembangan Rawan Banjir
Belum Ada Sheet Pile, Permukiman Warga di Kembangan Rawan Banjir
A A A
JAKARTA - Ratusan warga di kawasan Gang H Briti, RT 02 dan RT 05/RW 09, Pesanggarahan, Kembangan, Jakarta Utara, rawan banjir. Penyebabnya, kawasan itu belum dibangun sheet pile.

“Jadi karena belum ada sheet pile, kali meluap di kawasan itu,” ujar Camat Kembangan Joko Mulyono, Kamis (30/1/2020). Sheet pile adalah dinding vertikal relatif tipis yang berfungsi untuk menahan tanah dan untuk menahan masuknya air ke dalam lubang galian.

Banjir hebat pernah melanda kawasan itu sebanyak dua kali dalam sebulan, yakni awal Tahun Baru dan Senin 27 Januari 2020. Banjir di kawasan itu menyebabkan sedikitnya puluhan rumah yang dihuni ratusan warga terendam. Mereka kemudian mengungsi di sejumlah tempat di sekitar lokasi. (Baca juga: Kali Pesanggrahan Meluap, Belasan Rumah di Kembangan Terendam)

Terhadap kawasan rawan banjir, pihak Kecamatan Kembangan telah mengusulkan pembangunan sheet pile kepada Sudin dan Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun hingga kini teknis pembangunan tak kunjung dilakukan. “Kewenangannya ada di pemerintah pusat,” tegas Joko.

Sekalipun sheet pile belum terbangun, namun Joko mengatakan pembebasan lahan di kawasan itu telah dilakukan, walaupun belum menyeluruh. Karenanya, untuk mempercepat dan menghilangkan kawasan ini dari banjir, lahan yang belum dibebaskan akan diwujudkan tahun ini.

Sembari proses pembangunan sheet pile berjalan, pihaknya telah memasang tonggak tanggul untuk menutupi tanggul yang belum terbangun. Baca juga: Wali Kota Jakarta Utara Sebut Beberapa Wilayahnya Sengaja Dibuat Banjir)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7154 seconds (0.1#10.140)