Bima Arya Ingin Hidupkan Kembali Budaya Kerajaan Pajajaran

Kamis, 30 Januari 2020 - 17:30 WIB
Bima Arya Ingin Hidupkan Kembali Budaya Kerajaan Pajajaran
Bima Arya Ingin Hidupkan Kembali Budaya Kerajaan Pajajaran
A A A
BOGOR - Untuk mematangkan penataan kawasan yang memiliki nilai sejarah dan budaya Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran, Pemkot Bogor mengumpulkan akademisi dan budayawan di Balai Kota Bogor, Kamis (30/1/2020).

Pertemuan yang dikemas dalam sarasehan tersebut untuk mendengar masukan dari perspektif berbagai elemen terkait penataan kawasan Batutulis yang memiliki nilai sejarah Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran.

"Selama ini banyak sekali versi dimana lokasi sesungguhnya Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran. Tapi, cukup kuat literatur sebagian referensi yang mengarahkan pusat kerajaan ada di kawasan Batutulis," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Kamis (30/1).

Namun, sarasehan tersebut tidak akan membahas ke arah lokasi kerajaan melainkan lebih pada program besar penelusuran sejarah dan menghidupkan kembali budaya Kerajaan Pajajaran dengan memulai dari satu titik yaitu Prasasti Batutulis.

"Selama ini kita melihat kondisinya begitu-begitu saja. Lahannya tidak terlalu besar, dikunjungi 100-200 orang dalam satu bulan. Tidak banyak," ucapnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9948 seconds (0.1#10.140)