BNPB Sebut Banjir di Jabodetabek Mulai Surut

Jum'at, 03 Januari 2020 - 16:48 WIB
BNPB Sebut Banjir di Jabodetabek Mulai Surut
BNPB Sebut Banjir di Jabodetabek Mulai Surut
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terjadi penurunan tinggi air di wilayah banjir Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Dari data terakhir BNPB, hingga pukul 09.00 WIB tadi tinggi air mengalami penurunan, yakni mencapai 20-50 cm.

"Sudah terjadi penurunan tinggi airnya, meskipun titik-titiknya masih banyak sekitar 140 titik. Air sudah dangkal ya sekitar 20-50 cm," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Meskipun tinggi air sudah turun, Agus mengimbau masyarakat tetap mengungsi. Apalagi, air yang dangkal bisa menimbulkan bakteri.

"Tapi kan kita imbau tetap sebaiknya ngungsi dulu karena walaupun 50 cm kan mungkin ada penyakit yang nanti menyebabkan sakit gatal mungkin ada leptospirosis, dan sebagainya. Jadi sebaiknya sebelum kering mengungsi lebih dahulu," katanya.

Saat ini, kata Agus, BPPT sedang melangsungkan proses modifikasi awan hujan. Tadi pagi, ada dua pesawat yang sudah diterbangkan sejak pukul 09.00 WIB. "Pukul 09.00 tadi terbang, dua kali pagi. Hasilnya nanti akan disampaikan BPPT," tambahnya.

Agus menambahkan proses modifikasi cuaca ini direncakanan empat kali. "Jadi empat kali direncanakan, ini lihat cuacanya juga, kalau tidak ada awan yang bisa dijatuhkan ya tidak terbang. Jadi dianalisis dulu dengan BMKG, BPPT, awan-awan mana yang potensi masuk ke Jakarta, baru dijatuhkan," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4043 seconds (0.1#10.140)