Pemprov DKI Belum Siap Antisipasi Banjir di Jakarta

Rabu, 18 Desember 2019 - 08:29 WIB
Pemprov DKI Belum Siap Antisipasi Banjir di Jakarta
Pemprov DKI Belum Siap Antisipasi Banjir di Jakarta
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta dinilai belum siap mengantisipasi banjir di Ibu Kota yang kerap terjadi pada musim hujan. Hal ini terbukti dengan banyaknya titiknya banjir saat hujan deras mengguyur Jakarta pada Selasa, 17 Desember 2019 kemarin.

"Banjir yang melanda di beberapa wilayah di Jakarta jelas menunjukkan bahwa Pemprov DKI tidak atau belum siap mengantisipasi banjir," ungkap pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga saat dihubungi SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Nirwono mengatakan, terlepas dari derasnya hujan, hal ini menunjukkan bahwa sistem drainase kota Jakarta masih buruk, tidak berfungsi optimal dan tidak mampu menampung luapan air hujan. (Baca: Diguyur Hujan Deras, BPBD DKI Catat 19 Titik Jalan Terendam Banjir)

"Ini merupakan banjir lokal yang diakibatkan buruknya sistem drainase kota, yang memang hanya sekitar 33% berfungsi baik saat ini. Kondisi saluran air diameternya harus diperlebar, misal dari 1,5 menjadi 3 meter, agar kapasitas airnya bisa menampung saat hujan lebat," katanya.

Selain itu, lanjut Nirwono, saluran air masih banyak yang tersumbat lumpur, sampah, limbah, jaringan utilitas yang timpang tindih, dan tidak terhubung dengab baik antar saluran air."Kegiatan revitalisasi trotoar DKI harusnya diikuti dengan rehabilitasi saluran air kota dan sekaligus penataan jaringan utilitas secara terpadu," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7666 seconds (0.1#10.140)