Jelang Tol Layang Cikampek Dioperasionalkan, Pengamat Sarankan Ini

Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:06 WIB
Jelang Tol Layang Cikampek Dioperasionalkan, Pengamat Sarankan Ini
Jelang Tol Layang Cikampek Dioperasionalkan, Pengamat Sarankan Ini
A A A
JAKARTA - Menjelang dioperasionalkan, tol layang Jakarta-Cikampek diharapkan bisa mengedepankan faktor keamanan terhadap penggunanya. Ada beberapa hal yang harus disempurnakan sebelum tol layang Japek dikomersilkan.

Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno mengatakan, saat ini Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek tengah dioperasionalkan sementara secara gratis. Maka itu, sebelum dioperasionalkan secara normal, aspek keselamatan menjadi poin penting.

"Jika publik harus membayar, maka aspek keamanan dan kenyamanan wajib disediakan sesuai standar pelayanan minimal layanan jalan tol," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (14/12/2019).

Menurutnya, pihak pengelola harus segera melakukan penyempuraan dalam rangka menuju layanan yang berkeselamatan, aman, dan nyaman. Maka itu, pihak penyelenggara jalan tol, yakni Jasa Marga dengan difungsikannya jalan tol tersebut secara gratis harus bisa mempelajari perilaku pengguna tol.

"Kedua, dapat memeriksa kondisi saluran air yang sudah terpasang, apakah saat hujan, dapat menampung dan menyalurkan air hingga ke arah yang sudah dipasang dan tidak terjadi kebocoran atau sumbatan sepanjang saluran itu," tuturnya. (Baca Juga: Tol Layang Cikampek Dibuka 20 Desember, Kecepatan Dibatasi)

Proses penyempurnaan dan perapian, tambahnya, akan memakan waktu sekitar 1-2 bulan ke depan. Hal ini penting, mengingat sepanjang perjalanan tidak ada on off ramp dan rest area. Jalur untuk penyelematan emergency juga harus dibangun, berupa tangga turun di delapan lokasi yang dekat dengan loksi putar balik atau U Turn.

"Lalu, harus dilengkapi lagi dengan empat lokasi parking bay yang masing-masing lokasi akan dibangun sepanjang 60 meter. Kira-kira dapat menampung sekitar 10-15 kendaraan parkir dalam kondisi darurat," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)