Minim Sosialisasi, Pengguna Skuter Listrik Sadar Aturan

Minggu, 24 November 2019 - 21:07 WIB
Minim Sosialisasi, Pengguna...
Minim Sosialisasi, Pengguna Skuter Listrik Sadar Aturan
A A A
JAKARTA - Pengguna skuter listrik masih bingung terhadap larangan penggunaan di jalan raya. Meskipun diketahui resmi dilarang kemarin, namun sosialisasi tak kunjung digencarkan.

"Yah sekarang kalau emang ada aturannya. Silakan tebar banner di jalanan. Ini mah katanya ada aturan, tapi enggak pernah sosialisai ke kami," celetuk Dika (23), pengguna skuter listrik di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019).

Saat SINDOnews menyambangi kawasan itu. Sekalipun banyak pengguna skuter listrik, namun belum terlihat penggunaan di jalan. Trotoar yang luas menjadi lokasi bermain untuk pengguna skuter listrik ini.

Mereka kemudian bermain di trotoar, membuat aktivitas pejalan kaki terganggu. Meski demikian, mereka tampak tak peduli, skuter listrik meluncur dari kawasan depan Bank Panin hingga ke Mall FX Sudirman.

Dua jam memantau pengguna di sana, belum ada satu skuter yang meluncur di jalanan. "Walaupun masih simpang siur, tapi kami belum berani. Nanti kami bisa ditangkap," ucap Dika.

Dika yang merupakan warga Pamulang mengaku sengaja datang ke kawasan Senayan untuk bermain skuter listrik. Menggunakan MRT dari stasiun Lebak Bulus, ia bersama tiga temannya bermain.

Lain halnya dengan rekan Dika, Revo (24), yang mengaku tak percaya Pemprov DKI melarang aturan skuter listrik di jalanan. Padahal skuter listrik tak ubahnya dengan sepeda.

"Ini saya heran kenapa mesti dilarang, padahal kalau diperluas justru ini mengurangi polusi," ucapnya.

Hal berbeda terjadi di kawasan dekat Mall Plaza Indonesia. Banyak pengguna skuter listrik kemudian bermain di jalanan. Mereka memilih menghindari trotoar lantaran banyak pejalan kaki yang lalu lalang di trotoar.

Meskipun terdapat petugas Dishub dan Polantas tak jauh dari lokasi. Namun tak ada yang melarang menggunakan skuter listrik. mereka tetap bermain di jalanan.

"Kita tidak ganggu ko, yang melintas silakan saja. Lagi pula kami ambil jalur yang nantinya bakal jadi jalur sepeda," ucap Edi (32), pengguna skuter listrik.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9344 seconds (0.1#10.140)