Jalan Berbayar di Kalimalang, Pemerintah Diminta Siapkan Park n Ride

Senin, 18 November 2019 - 17:41 WIB
Jalan Berbayar di Kalimalang, Pemerintah Diminta Siapkan Park n Ride
Jalan Berbayar di Kalimalang, Pemerintah Diminta Siapkan Park n Ride
A A A
BEKASI - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek berencana menerapkan jalan berbayar di Jalan Kalimalang, Jalan Margonda, dan Jalan Daan Mogot. Sebelum menerapkan aturan tersebut, pemerintah disarankan untuk membuat park n ride dan jalur alternatif bagi pengendara.

Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB), Harun Ar Rasyid menerangkan penerapan jalan berbayar atau electronik road pricing (ERP) itu harus dipersiapkan jalur alternatif dan sarana penunjangnya.

Jalur alternatif saat penerapan ERP wajib disiapkan dikarenakan itu hak pengendara yang tidak ingin masuk ERP. "Memang ERP ini harus memiliki jalur alternatif, jadi jangan sampai kemudian masyarakat yang tidak menginginkan ERP," katanya kepada wartawan, Senin (18/11/2019). (Baca Juga: Pemprov DKI Akan Bangun Park n Ride di Stasiun Bekasi dan Cikarang)

Kemudian, sarana penunjang juga perlu dipersiapkan seperti park and ride, hingga transportasi publik yang memadai. ”Kalau publik transport itu berhasil melalui ERP maka harus disiapkan juga park and ride nya, agar orang kalau mau naik itu ada parkirnya. Jadi pemerintah harus memikirkan itu,” tegasnya.

Sarana penunjang lainnya juga, ada bus feeder dari pemukiman warga untuk menuju ke transportasi umum seperti terminal, stasiun maupun halte. Sehingga, kata dia, diperlukan ada angkutan dari pemukiman menuju ke lokasi transportasi umum. ”Intinya kan masyarakat ingin naik angkutan umum yang nyaman dan aman,” tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8910 seconds (0.1#10.140)