BNN Klaim Penyelundupan Narkotika ke Indonesia Menurun 30%

Kamis, 19 September 2019 - 20:07 WIB
BNN Klaim Penyelundupan Narkotika ke Indonesia Menurun 30%
BNN Klaim Penyelundupan Narkotika ke Indonesia Menurun 30%
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan penyelundupan narkotika hingga September 2019 ke Indonesia yang berasal dari jaringan internasional mengalami penururnan. Hal ini disebabkan gencarnya BNN melakukan pemberantasan di dalam negeri, serta berkat adanya kerja sama antara BNN Indonesia dengan BNN di negara tetangga.

"Sekitar 20-30% turunnya ini syukur Alhamdulillah, teman teman BNN di luar negeri juga banyak mengungkap. Awal tahun lalu mereka bisa ungkap 2,1 ton barang untuk sabu begitu juga ditempat tempat yang lain," ungkap Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (19/9/2019).

Meski mengklaim sudah berhasil menurunkan tingkat peredaran dan penyelundupan narkotika, lanjut Heru, BNN tetap memperketat pengawasan di wilayah perbatasan Indonesia guna mengantisipasi modus baru yang digunakan jaringan internasional untuk menyelundupkan narkotika. (Baca: BNN Musnahkan 631 Kg Ganja Hasil Pengungkapan Kasus 2 Bulan)

"Memang jaringan ini banyak cara untuk masuk, seperti mendesain mobil untuk tempat barang tersebut dibikin kontainer didalam, ini yang bisa kita ungkap. Dan juga ada lewat kompresor dan lain lain. ini yang kita terus ikuti perkembangan dari jaringan ini untuk modus modusnya," ujarnya.

Adapun BNN telah memusnahkan barang bukti narkotika hasil pengungkapan tujuh kasus daru Juli hingga Agustus 2019. Total ada sebanyak 77,2 kilogram sabu dan 631,2 kilogram ganja dimusnahkan dengan mesin insinerator.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4393 seconds (0.1#10.140)