Polusi Tinggi, KMJ Minta KCN Hentikan Bongkar Muat Batu Bara

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 19:17 WIB
Polusi Tinggi, KMJ Minta...
Polusi Tinggi, KMJ Minta KCN Hentikan Bongkar Muat Batu Bara
A A A
JAKARTA - Koalisi Masyarakat Jakarta Utara (KMJ) mendesak PT. Karya Citra Nusantara (KCN) di Marunda, Jakarta Utara menghentikan aktivitas bongkar muat batu bara dari kapal tongkang ke pelabuhan. Ini dikarenakan aktivitas tersebut menyebarkan polusi yang sangat berbahaya kepada masyarakat sekitar.

Koordinator Lapangan KMJ, Laode Kamaludin mengatakan, kondisi lingkungan di sekitar Pelabuhan Marunda kian mengkhawatirkan, kini air tanah, udara dan laut di lingkungan tersebut semakin tercemar. Menurutnya, sudah banyak kerusakan lingkungan yang terjadi akibat pengoperasian bongkar muat batu bara yang berdekatan langsung dengan pemukiman warga.

"Kami meminata PT KCN menghentikan aktivitas bongkar muat batu bara dari kapal tongkang ke pelabuhan karena menyebarkan polusi yang sangat berbahaya kepada masyarakat sekitar," kata Laode pada Sabtu (31/8/2019).

Laode menuturkan, PT. KCN harus bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan yang sudah terjadi.“Jika PT. KCN tidak merespons dalam waktu dekat, kami sudah mengagendakan untuk melakukan demonstrasi ke Kantor Tata Ruang Pemkot Jakarta utara, selanjutnya ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kemudian terakhir akan mendesak Gubernur DKI Anies Baswedan untuk kembali menyegel PT. KCN," tegasnya.

Sebelumnya Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi, mengatakan sudah memerintahkan anak buahnya untuk menelusuri debu hitam yang dikeluhkan masyarakat di Marunda dan Cilincing. “Dari hasil penelusuran yang sudah kami lakukan, debu hitam itu adalah residu batu bara,"ujar Slamet Riyadi.

Pelabuhan KCN selama ini menjadi tempat singgah ratusan ton batu bara, sebelum disalurkan ke industri yang membutuhkan, seperti pabrik semen, pembangkit listrik tenaga uap, dan trading.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)