3.700 Aparat Gabungan Amankan Jakarta Muharram Festival

Kamis, 29 Agustus 2019 - 23:01 WIB
3.700 Aparat Gabungan Amankan Jakarta Muharram Festival
3.700 Aparat Gabungan Amankan Jakarta Muharram Festival
A A A
JAKARTA - Sebanyak 3.700 personel gabungan Polri dan Satpol PP diterjunkan untuk mengamankan kegiatan Jakarta Muharram Festival 2019. Sebanyak 2.600 orang akan mengikuti pawai obor yang di mulai dari Patung Kuda Arjuna Wihaha hingga Bundaran HI.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menjelaskan ada ribuan personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya Jakarta Muharram Festival 2019."Ada sebanyak 3.700 aparat gabungan personel Polri dan Satpol PP diterjunkan dan siap siaga dalam rangka pengamanan seluruh rangkaian kegiatan," kata Saefullah di Balai Kota DKI, Kamis (29/8/2019).

Saefullah menuturkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan melibatkan 303 petugasnya untuk berjaga serta memandu rekayasa lalu lintas di beberapa titik sekitar lokasi kegiatan melalui penutupan dan pengalihan arus mobilitas kendaraan bermotor.( Baca: 2.600 Orang Akan Ikuti Pawai Obor Jakarta Muharram Festival )

Adapun penutupan ruas jalan akan dilakukan di beberapa titik, yaitu:
1. Ruas Jalan MH Thamrin sisi Timur & Barat dari Simpang Sarinah sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia;
2. Ruas Jalan Jendral Sudirman sisi Barat dari Dukuh Atas sampai dengan Bundaran Htel Indonesia;
3. Ruas Jalan Imam Bonjol dari Bundaran Hotel Indonesia sampai dengan Simpang Jalan KH Agus Salim.

Sedangkan, rencana pengalihan arus lalu lintas direncanakan sebagai berikut:
1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jalan MH. Thamrin dialihkan lurus ke Jalan Wahid Hasyim sisi Barat;
2. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Kacang Raya yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik;
3. Arus lalu lintas dari Jalan Teluk Betung yang akan menuju Jalan Sudirman;
4. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Jalan Pamekasan atau belok kanan menuju Jalan Agus Salim;
5. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (Dukuh Atas) menuju Jalan RM. Margono Djodjohadikoesoemo.

Atas dasar rekayasa lalu lintas tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan yang ditutup maupun dialihkan, serta dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan.

Pemprov DKI Jakarta menyarankan kepada masyarakat yang membawa kendaraan bermotor dan turut serta memeriahkan momen pergantian Tahun Baru Hijriah untuk memarkirkan kendaraannya di beberapa lokasi, antara lain IRTI Monas, Jalan Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri.

"Untuk menghindari arus kepadatan kendaraan dari dan ke lokasi kegiatan, masyarakat juga dapat menggunakan fasilitas transportasi umum massal, seperti MRT Jakarta, Transjakarta, dan kereta Commuter Line," ucap Saefullah.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)