Ibu Kota Dipindah, Jakarta Diyakini Lebih Mandiri

Selasa, 27 Agustus 2019 - 00:02 WIB
Ibu Kota Dipindah, Jakarta Diyakini Lebih Mandiri
Ibu Kota Dipindah, Jakarta Diyakini Lebih Mandiri
A A A
JAKARTA - Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, tidak akan mengganggu pusat ekonomi Jakarta.

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio mengatakan, perekonomian Jakart tidak akan terganggu dengan pemindahan Ibu Kota, bahkan, Jakarta bisa lebih mandiri."Tidak terganggu, Jakarta akan tetap menjadi magnet ekonomi," kata Agus kepada wartawan Senin (26/8/2019).

Agus menilai justru kegiatan ekonomi Jakarta kian lebih baik. Dia mencontohkan seperti Amerika Serikat yang memisahkan antara New York sebagai pusat ekonomi dan Washington sebagai Ibu Kota dan pusat pemerintahan. Kondisi ini berlanjut dengan Australia, yang memisahkan Canberra sebagai pusat pemerintahan dan Sydney sebagai pusat ekonomi.

Dua negara itu, diakui agus tak berdampingan membangun negaranya.( Baca: Ibu Kota Dipindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara )

Agus melihat sudah seyogyanya Indonesia memindahkan ibu kota karena kondisi Jakarta yang mulai penuh sesak. Meskipun upaya telah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya mulai dari transmigrasi hingga kegiatan lainnya.

Namun hal itu tak membantu dalam pemerataan penduduk."Kenapa karena gulanya masih di Jakarta. Kalau seandainya gulanya dipindah, mungkin pemerataan akan terjadi," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4970 seconds (0.1#10.140)