Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Pendataan Keluarga Terpadu Jakarta

Selasa, 30 Juli 2019 - 18:38 WIB
Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Pendataan Keluarga Terpadu Jakarta
Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Pendataan Keluarga Terpadu Jakarta
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meresmikan peluncuran aplikasi pendataan keluarga terpadu bernama Carik Jakarta. Melalui aplikasi ini diharapkan tercipta integrasi antarsemua program dan dapat menjangkau masyarakat.

"Tadi diluncurkan Carik Jakarta, kita gunakan bahasa daerah. Carik apa artinya? Kalau dulu di desa juru tulis, pendata. Kita serap bahasa daerah sebagai nama aplikasi kita," ungkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam acara temu kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI di Gedung Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Anies mengatakan, dengan apa yang telah dilakukan oleh kader PKK DKI, yakni melakukan pendataan di masyarakat setidaknya turut membantu kerja pemerintah dalam mendapatkan keakuratan data."Ibu-ibu yang melakukan pendataan, ibu-ibu pula yang mengetahui kondisi masyarakat dan keluarga dalam rumah tangga. Siapa pendata? Ibu-ibu yang paling tahu kondisi masyarakat paling depan. Harapannya akan punya potret sesungguhnya sesuai kenyataan kondisi masyarakat," ujar Anies.

Selanjutnya melalui aplikasi ini, Anies berharap terciptanya integrasi antarsemua program yang dimiliki Pemprov DKI dan dapat menjangkau masyarakat bersama kader PKK. Atas hal itu, Pemprov DKI memercayai peran kader PKK memperhatikan kondisi masyarakat.

"Artinya, pemerintah memercayakan lewat ibu-ibu untuk bisa memastikan bahwa kondisi keluarga, masyarakat, dari mulai aspek paling dasar misal kesehatan sampai kebutuhan lain terpenuhi dengan baik," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5524 seconds (0.1#10.140)