Ribuan Peserta Meriahkan Paperun 2019

Minggu, 23 Juni 2019 - 15:02 WIB
Ribuan Peserta Meriahkan...
Ribuan Peserta Meriahkan Paperun 2019
A A A
JAKARTA - Ribuan pelari memeriahkan Paperun Charity Fun Run 5K di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019). Acara yang diselenggarakan oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas ini mengajak masyarakat untuk peduli terhadap literasi.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan, Paperun 2019 menjadi ajang yang baik bagi keluarga besar Sinar Mas dan masyarakat untuk saling bersilaturahmi, sekaligus menjalankan aktivitas sosial yakni memperkuat literasi di Indonesia dengan memperkaya ragam dan jumlah koleksi bahan bacaan di rumah baca atau perpustakaan.

“Selain tubuh tetap sehat, pikiran jernih dan positif, penyelenggaraan yang tak jauh dari Hari Raya Idul Fitri menjadi kesempatan bagi kami untuk bersilaturahim dengan rekan serta kerabat yang dalam keseharian sukar dilakukan karena kesibukan kami masing-masing,” ujar Saleh Husin.

Lomba lari yang mengangkat tajuk Berlari dan Berdonasi untuk Literasi ini mengajak para pesertanya menyumbangkan buku bagi 68 rumah baca atau perpustakaan yang berada di wilayah terdampak bencana alam, maupun rumah baca lain yang membutuhkan.

“Itu sebabnya, agar semakin semarak saya mengajak juga rekan-rekan, baik dari kalangan pemerintah, legislatif, profesional, pengusaha, pesohor, juga para tokoh nasional untuk turut serta. Sembari kita memperkuat literasi bangsa Indonesia dengan menyumbangkan berbagai buku ke rumah baca. Selain itu, rute yang mengelilingi sebagian jalan utama pada hari libur, car free day, dapat menjadi aktivitas wisata bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-492 Kota Jakarta,” tambah Menteri Perindustrian periode 2014-2016 yang pada ajang Paperun 2017, tercatat sebagai salah seorang finisher.
Ribuan Peserta Meriahkan Paperun 2019

Sebelum turun berlari, Saleh Husin sempat mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan melepas sekitar 2.500 runner. Dibandingkan dengan penyelengaraan pada 2017 lalu, jumlah peserta tahun ini meningkat sekitar 60%.

Direktur Asia Pulp & Paper Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyatakan bangga melihat adanya peningkatan jumlah peserta Paperun 2019. Menurut dia, seluruh biaya pendaftaran dari Paperun 2019 ini akan didonasikan dalam bentuk buku ke 68 rumah baca, khususnya di empat daerah pascabencana yakni, Nusa Tenggara Barat, Banten, Lampung, dan Sulawesi Tenggara.

“Sejalan dengan komitmen APP Sinar Mas untuk turut memajukan kehidupan masyarakat di mana kami beroperasi, kami tergerak untuk meningkatkan literasi Indonesia. Keempat daerah ini menjadi target utama donasi tahun ini karena kita perlu memulihkan keadaan infrastruktur, demi masa depan anak-anak di sana,” ucapnya.

Peserta Paperun mengitari Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dan berbalik ke Jalan MH Thamrin, menuju Patung Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, berputar di depan kantor Kementerian Perhubungan, kembali melewati Patung Arjuna Wiwaha dan finis di Jalan MH Thamrin.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)