PPD Buka Akses Baru JA dan JR Connexion di Scientia Square Park Summarecon

Rabu, 12 Juni 2019 - 21:23 WIB
PPD Buka Akses Baru JA dan JR Connexion di Scientia Square Park Summarecon
PPD Buka Akses Baru JA dan JR Connexion di Scientia Square Park Summarecon
A A A
TANGERANG SELATAN - Akses transportasi darat dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, semakin mudah dengan adanya komitmen layanan transportasi bus. Hal itu ditandai dengan dibukanya akses baru bus Jabodetabek Airport (JA) Connexion dan Jabodetabek Residence (JR) Connexion, dari dan ke ke Bandara Soetta oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di wilayah Tangerang.

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, pembukaan akses baru bus ini juga sebagai pengumpan penumpang Moda Raya Terpadu (MRT) ke Stasiun Lebak Bulus.

"Jadi, JA Connexion yang melayani trayek Scientia Square Park Summarecon Serpong menuju Bandara Soetta, dan JR Connexion untuk trayek Scientia Square Park ke Stasiun MRT Lebak Bulus," katanya, di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (12/6/2019).

Sebagai uji coba, sedikitnya akan ada empat bus JA Connexion yang akan melayani trayek Scientia Square Park menuju Bandara Soetta dan melintasi wilayah Tangerang.

Adapun rute yang aka dilewati dari Scientia Square Park ke Jalan Scientia Boulevard dan Boulevard Gading Serpong. Lalu ke Jalan Raya Kelapa Gading, ke Jalan Raya Serpong, dan lewat Jalan Jalur Sutera BSD.

Kemudian, bus akan masuk jalan tol dengan masuk melalui gerbang Tol Kunciran 2 dan melewati Tol Jakarta-Bogor, masuk ke Tol Lingkar Luar Barat dan Tol Sedyatmo dengan tujuan akhirnya ke Bandara Soetta.

Layanan bus ini beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 20.00 WIB. Sementara untuk trayek sebaliknya, yakni Bandara Soekarno Hatta-Scientia Square Park akan mulai beroperasi pukul 06.15-21.15 WIB.

"Untuk harga promo tarif bus JA Connexion trayek Scientia Square Park dari dan ke Bandara Soetta sebesar Rp30.000, dari tarif normal sebesar Rp35.000," jelas Bambang.

Sedangkan untuk JR Connexion, dalam uji coba ini sedikitnya ada enam bus yang akan disiapkan. Bus ini akan beroperasi mulai pagi, pukul 05.45-08.30 WIB dan sore pukul 17.00-20.15 WIB dengan waktu 30 menit.

Tarif bus ini juga sedang promo sebesar Rp10 ribu, dari harga normalnya Rp15 ribu. Layanan bus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wi-fi gratis, dan pengisian daya untuk gawai, dan fitur reclining seat.

"JA dan JR Connexion ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan layanan angkutan umum massal dari pemukiman. Baik dari dan menuju bandara, maupun langsung ke pusat-pusat perekonomian," sambungnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga hadir dalam peresmian uji coba JA dan JR Connexion itu mengaku, dirinya sangat menyambut baik kehadiran moda transportasi dari dan ke Bandara Soetta itu.

"Semoga dengan adanya layanan JA dan JR Connexion ini dapat membuat masyarakat mau meninggalkan kendaraan pribadinya dalam bepergian, dan mulai beralih ke angkutan umum massal," jelas Ahmed Zaki.

Terpisah, Executive Direktur Summarecon Serpong Magdalena Juliati mengatakan, layanan JA dan JR Connexion ini sangat membantu perkembangan Summarecon Serpong sebagai pusat perekonomian.

"Kolaborasi Summarecon dengan Perum PPD kali ini diperuntukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan, sekaligus memudahkan mobilitas warga yang ingin ke Jakarta atau menuju bandara," sambung Magdalena.

Dijelaskan dia, pertumbuhan ekonomi di Summarecon Serpong saat ini cukup pesat. Berbagai aktivitas sehari-hari warga juga cukup lengkap di wilayah Tangerang ini.

Hal itu nampak dari hadirnya berbagai sarana mumpuni bagi warga Summarecon Serpong, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, pusat bisnis, sarana olahraga bertaraf internasional, sarana edukasi, dan akses transportasi yang mudah dijangkau jalan tol.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1407 seconds (0.1#10.140)