Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas, PT KAI Rekayasa Pola Operasi

Selasa, 28 Mei 2019 - 09:15 WIB
Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas, PT KAI  Rekayasa Pola Operasi
Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas, PT KAI Rekayasa Pola Operasi
A A A
JAKARTA - Penutupan di sejumlah ruas jalan di sekitar wilayah Kuningan, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman yang sempat mengalami pengalihan arus oleh Polda Metro Jaya, sempat berimbas pada kemacetan di beberapa titik jalan. Termasuk di Jalan Medan Merdeka Timur yang menjadi lokasi Stasiun Gambir.

Mengantisipasi pengalihan arus lalu lintas selanjutnya, untuk meminimalisir risiko keterlambatan para calon penumpang kereta api (KA) yang terjebak macet dan kesulitan menuju Stasiun Gambir, PT KAI Daop 1 Jakarta kembali memberlakukan kebijakan rekayasa pola operasi Berhenti Luar Biasa (BLB).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan pada Selasa (28/5) ini mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.35 WIB, berlaku mulai keberangkatan KA 10 (Argo Dwipangga) tujuan Solo sampai dengan KA 34 (Argo Parahyangan) tujuan Bandung. Total, ada 12 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya.

“Ke-12 KA ini tetap akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun khusus hari ini ada penyesuaian pola operasi, yaitu bila biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, hari ini akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang,” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui siarannya persnya, Selasa (28/5/2019) pagi.

Menurut Eva, rekayasa pola operasi ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar calon penumpang KA tidak tertinggal KA. Untuk itu, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau agar calon penumpang dapat memperkirakan waktu perjalanannya menuju stasiun dengan jadwal keberangkatan KA. Namun perlu diketahui bahwa di Stasiun Jatinegara tidak disediakan loket pembelian tiket KA.

"Kami sudah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di Stasiun Jatinegara dan mengingatkan kembali agar calon penumpang memastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas," tutup Eva.

Berikut daftar nama KA–KA yang memberlakukan rekayasa pola operasi pemberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang:
Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas, PT KAI Rekayasa Pola Operasi
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3619 seconds (0.1#10.140)