Tingkatkan Kadar Ibadah Selama Ramadhan, Ini Aplikasi Islami Terlengkap

Jum'at, 03 Mei 2019 - 20:28 WIB
Tingkatkan Kadar Ibadah Selama Ramadhan, Ini Aplikasi Islami Terlengkap
Tingkatkan Kadar Ibadah Selama Ramadhan, Ini Aplikasi Islami Terlengkap
A A A
JAKARTA - Sebentar lagi umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1440 hijriah. Untuk meningkatkan kadar ibadah selama bulan suci tersebut, sebuah aplikasi Islami, KESAN (Kedaulatan Santri), diluncurkan di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Hamdan Hamedan, Founder KESAN menceritakan latar belakang dirinya dan beberapa kawannya menciptakan aplikasi ini. "Saya belum mendapati aplikasi yang paripurna/komprehensif yang mengingatkan kedisiplinan bagi santri dan masyarakat muslim mengajak pada kebaikan sekaligus menemani truly serve setiap saat," ujarnya.

Hamdan mengatakan bahwa KESAN senantiasa menemani kehidupan para pengguna untuk mengingatkan amalan-amalan yang positif dan Islami. Terlebih di bulan suci Ramadhan, aplikasi KESAN bisa menjadi teman untuk meningkatkan kadar ibadah.

Melalui nudging (notifikasi) yang mengingatkan para pengguna seperti, pengingat salat berjamaah, salat dhuha, tahajjud, puasa Senin-Kamis, dan lain-lain.

Adapun fitur-fitur KESAN di antaranya hadis hari ini, doa dan shalawat, kalender hijriah, arah kiblat, haji dan umrah, jadwal shalat, kitab kuning, feed, nudging hingga live streaming pengajian.

Aplikasi KESAN ini mendapat sambutan positif dari berbagai pengasuh pesantren. KH Nemi Mutashim Billah, misalnya, Pengurus Pesantren Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijroh, Buntet, Cirebon ini mengapresiasi kelengkapan aplikasi ini.

Apalagi tanpa iklan, pengguna KESAN dapat berinadah tanpa gangguan. "Saya memuji kelengkapan dan fungsi aplikasi KESAN. KESAN akan bermanfaat bagi keseharian santri, umat Islam, bahkan kiai," ujarnya.

Senada dengan Gus Nemi, KH Azka Sya'bana, Pengasuh Ponpes Pandanaran Yogyakartam, juga mengapresiasi KESAN sebagai aplikasi terlengkap di antara aplikasi-aplikasi keislaman lainnya.

"Masya Allah aplikasi kesan merupakan aplikasi islami terlengkap di antara aplikasi-aplikasi islami lainnya," katanya.

Gus Azka, begitu dia sering disapa mencontohkan kalender hijriah yang sangat membantu. Karena satu kali tap, sudah langsung diketahui. "Ini aplikasi recommended yang terlengkap untuk dakwah di zaman now," ucapnya.

Tak ketinggalan putra KH Ma'ruf Amin, Gus Syauqi, memberikan apresiasi terhadap aplikasi KESAN. Menurutnya sudah saatnya santri tampil di muka menegaskan eksistensi dan peran santri.

"Santri harus terlihat peran dan eksistensi di era digital. KESAN memberikan ruang untuk menghubungkan para santri di Indonesia. Paling penting adalah kemitraan yang harus ditingkatkan supaya KESAN menjadi aplikasi yang benar-benar Islami dengan dai-dai yang berkompeten dan sesuai dengan spirit dan inspirasi Islam Rahmatan lil Alamin," pungkas Gus Syauqi.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7135 seconds (0.1#10.140)